Inilah Pengertian dan 6 Teknik Rahasia Bermain Futsal untuk Pemula

Futsal memang kini banyak digemari dari berbagai kalangan. Selain aman dari cuaca yang tak bersahabat (hujan ataupun panas). Olahraga futsal ini juga merupakan alternatif untuk bermain bola di daerah perkotaan. Menurut Federation Internationale de Football Association (FIFA), sejarah futsal pertama kali berdiri pada tahun 1930 bertepatan piala dunia pertama di uruguay. Istilah futsal berasal dari kata Spanyol atau Portugis yaitu futbol dan sala.

braziliansoccerschools.ca
braziliansoccerschools.ca

Sedangkan futsal mulai masuk di indonesia sekitar tahun 1998 sampai 1999 dan dikenal oleh masyarakat pada tahun 2000 an. Meskipun futsal terlihat sama permainanya dengan sepak bola, tapi bayak hal yang harus di perhatikan sebelum kamu bermain futsal.

1. Lakukan Pemanasan

Pemanasan sangatlah penting dilakukan. Setiap olahraga pastinya memerlukan pemanasan terlebih dahulu. salah satunya adalah olahraga yang satu ini. Tujuanya agar otot-otot tidak “kram” saat bermain futsal. Cukup dengan berlari 3 putaran mengelilingi lapangan futsal dan melakukan tendangan ke arah gawang. Jika terlalu lama melakukan pemanasan, tidak baik untuk fisik saat bermain futsal.

2. Tendangan dan Kontrol Bola

Untuk melakukan tendangan ke arah gawang lawan secara maksimal. Gunakan kaki bagian ujung sepatu, maka tendangan kamu akan meluncur cepat. Selanjutnya, jika ingin mengontrol bola gunakan kaki bagian dalam. Memang hal ini susah pada teorinya harus di praktekan saat bermain futsal.

3. Melakukan Passing (Mengoper Bola)

Akurasi passing menentukan penguasaan bola ketika permainan berlangsung. jika kamu ingin mengoper bola ke teman, gunakan kaki bagian dalam, dan usahakan bola dalam keadaan sejajar dengan kaki kiri, jika ingin passing menggunakan kaki kanan, apabila menggunakan kaki kiri usahakan bola sejajar degan kaki kanan.

4. Minum Air Secukupnya

Kekuatan fisik sangatlah di butuhkan pada permainan ini. jika terlalu banyak mengkonsumsi banyak air. Maka tubuh akan berlebihan menampung air. Hal ini akan berakibat cepat lelah. Sekiranya kamu haus minumlah air secukupnya. maksimal minumlah 2 sampai 3 tegukan.

5. Jangan Terlibat Kontak Fisik

Biasanya pada permainan ini, kontak fisik sering terjadi. minimalkan hal ini dengan bermain santai dengan penuh teknik. Jika sudah tempo bermain tinggi, sebaiknya mengalah jika lawan ingin beradu kontak fisik dengan kamu.

6. Bermain Tempo Cepat

Pada poin terakhir, lakukanlah tempo permainan dengan cepat. Jangan terlalu lama menggiring bola. Apalagi bermain-main di area pertahanan sendiri. jika sudah mengoper bola, carilah posisi yang kosong agar bola bisa di umpan kembali.

standardfutsal.com
standardfutsal.com

Selain mengetahui 8 Trik Bermain Futsal yang Wajib Kamu Ketahui, hal yang lain perlu diperhatikan adalah sepatu olahraga futsal khusus. Untuk memilih sepatu futsal yang sesuai dengan keinginan, saya akan sahare poin yang harus di perhatikan:

Bahan Sepatu yang Digunakan

Bahan Kulit

Bahan yang cocok ketika kamu memilih bahan kulit adalah bahan kulit kanguru ataupun kulit sapi. Karena sepatu dengan bahan kulit memiliki kekuatan dan kelenturan yang baik. jadi tidak heran bila sepatu futsal dengan kulit asli memiliki harga yang sangat mahal.

Bahan Kain

Sepatu dengan bahan kain ini digunakan pada sepatu futsal jenis sala dan hanya dimiliki beberapa merek saja. Bila kamu suka dengan model sepatu berbahan kain yang bisa menyerap keringat, ini bisa di jadikan referensi untuk membeli sepatu.

Itulah sebagian trik futsal yang wajib kamu ketahui, sebenarnya masih banyak lagi cara yang dilakukan agar bermain futsal lebih profesional. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa langsung praktek di lapangan langsung. Semoga bermanfaat.


Rekomendasi

6 thoughts on “Inilah Pengertian dan 6 Teknik Rahasia Bermain Futsal untuk Pemula”

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.