Cara Praktis Menanam Durian dengan Baik dan Benar, Agar Hasil Panen Melimpah

Kebanyakan orang menyukai buah durian yang lezat dan legit di lidah. Buah yang berasal dari Asia Tenggara tersebut memang mempunyai rasa yang sangat lezat dan nikmat.

Apabila jika kamu mencoba buah durian montong, Dagingnya terasa lembut di lidah dan dan biji durian yang berukuran relatif kecil membuat durian ini menjadi sangat digemari oleh kalangan pecinta durian.

Semua orang bisa melakuakan penananaman durian ini dengan cara yang sangat mudah, Apalagi jika bibit yang digunakan adalah jenis bibit yang berkualitas seperti bibit durian montong.

Apakah anda tertarik dengan budidaya buah yang satu ini, disini kami akan memberikan tips-tips cara menanam durian yang baik dan benar supaya mendapatkan hasil yang memuaskan. Berikut ini langkah-langkah yang harus dilakukan.

1. Menentukan Lokasi Penanaman

lahan tanam durian
lawangsidoluhur.wordpress.com

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, petani setidaknya mengetahui terlebih dahulu dimana lokasi menananm durian yang tepat, lahan yang bagaimana, serta faktor jenis tanah yang akan ditanami durian.

Berikut ini kriteria yang harus dipenuhi untuk menanam durian.

  • Durian akan tumbuh dengan baik pada lahan yang beriklim tropis yang memiliki ketinggian sekitar 1500 sampai 1000 diatas permukaan laut.
  • Pencahaan matahari harus memiliki intensitas antara 40% sampai 50%
  • Suhu yang dibutuhkan untuk menanam durian adalah 23 sampai 30 derajat celcius.
  • Pada tanaman durian membutuhkan curah hujan adalah 1500 sampai 2500 mm pertahun.
  • Kriteria tanah yang baik untuk menanam durian adalah jenis tanah andosol, latosol dan tanah podsolik merah kuning.
  • Standar PH tanah adalah 6 sampai 7.
BACA JUGA  Ini Dia 3 Panduan dalam Beternak Bebek Bagi Pemula

2. Menentukan Bibit Durian

bibit durian yang unggul
infonasa.com

Hal yang pertama harus dilakuakan saat pertama kali menanam durian adalah dengan menentukan bibit durian yang akan ditanam. pemilihan bibit dengan varietas unggulan dan bebas dari segala macam hama penyakit yang bisa mengganggu perkembangan durian.

Dilain hal, bibit yang diperoleh dari indukan yang hasil panennya melimpah juga merupakan syarat memilih bibit durian yang baik dan unggul. Berikut ini adalah pemilihan bibit standar yang harus dilakukan.

  • Bibit durian memiliki daun yang banyak
  • Bibit durian harus segar dan sehat
  • Bibit durian harus terbebas dari penyakit maupun hama tanaman yang bisa mengganggu pertumbuhan
  • Batang bibit durian minimal memiliki cabang 2 sampai 4 arah
  • Batang bibit durian harus besar dan kokoh
  • Banyak terdapat tunas baru pada batang bibit durian

3. Cara Menanam Durian

Cara menanam buah duria yang baik dan benar
udindurian.blogspot.com

Setelah pemilihan bibit durian yang berkualitas telah selesai. Proses selanjutnya adalah mempersiapkan lahan sebagai media yang kita ingin tanam durian. Berikut ini adalah beberapa langakah yang harus dilakukan.

  • Lahan yang akan ditanami durian harus bersih dari gulma dan tanaman liar yang bisa menghalangi masuknya paparan sinar matahari ke lokasi lahan.
  • Gemburkan lahan dengan cara mencangkul sebelum ditanam durian, kemudian dibiarkan selama 3 hari untuk dianginkan.
  • Sebaiknya berikan pupuk kandang supaya menambah unsur hara lahan yang dibutuhkan tanaman dan dibiarkan dalam kurun waktu 1 minggu supaya pupuk terserap oleh tanah.
  • Proses selanjutnya adalah dengan cara membuat lubang tanam yang memiliki jarak antar lubang satu dengan lubang yang lainya yaitu sekitar 8 X 8 meter. Hal ini bertujuan supaya tanaman durian tidak saling berebut nutrisi yang ada di dalam tanah, tidak menutupi tanaman durian yang lainya ketika sinar matahari masuk dan mengatasi penyebaran hama penyakit kepada tanaman terdekatnya.
  • Biarkan lubang tanaman durian sekitar 1 minggu, supaya gas beracun yang ada di dalam tanah memuai karena terpapar oleh sinar matahari dan akhirnya terbawa oleh angin.
  • Musim yang baik untuk menghasilkan durian yang baik adalah pada musim penghujan. Karena pada saat itu permukaan tanah mendapatkan air yang cukup untuk perkembangan tanaman durian.
  • Bibit durian dimasukan kedalam lubang tanam dengan posisi yang tegak, selanjutnya tutup kembali dengan tanah hasil galian sampai batas pangakal batang bibit durian.
  • Jika bibit durian sudah ditanam, langkah berikutnya adalah dengan siram tanaman durian secukupnya.
BACA JUGA  Manfaat dan Keunggulan Natural Nusantara Produk

4. Pengairan Tanaman

bibitdurianpelangi.blogspot.com
bibitdurianpelangi.blogspot.com

Pada proses ini adalah dengan rutin menyirami bibit durian sesudah ditanam kedalam lahan. Ketika awal penanaman bibit durian mulai dilakukan, saat inilah lahan yang ditanam membutuhkan pasokan air yang cukup banyak dan sebaiknya penyiraman dilakukan secara rutin setiap pagi dan sore hari sampai tanaman durian mencrapi umur 1 bulang dihitung dari masa tanam.

5. Penyiangan Tanaman

penyiangan durian
bibitpohondurian.com

Ada salah satu hal yang harus tidak dilewatkan yaitu mencabut gulma ataupun rumput liar yang menutupi akar mayang tanaman durian yang muncul diatas tanah. tidak dianjurkan ketika membersihkan rumput menggunkan cangkul atau arit karena hal itu dikhawatirkan bisa mengenai akar mayang tanaman durian.

6. Pemupukan Susulan

Pemupukan buah durian
hermansangkuturi.blogspot.com

Proses ini juga jangan sampai lupa dilakukan yaitu melakukan pemupukan ulang. Hal ini menjaga supaya stabilitas yzang ada dalam kandungan unsure hara tanah bagi nutrisi yang dibutuhkan tanaman durian.

Pemupukan susulan dilakuan dalam kurun waktu setahun satu kali dengan cara menaburkan pupuk kandang yang sudah matang pada sekitar tanaman durian.

7. Panen Durian

Panen buah durian
prasetya.ub.ac.id

Setelah memahami prosos penanaman durian dari awal hingga akhir, tibalah proses yang ditunggu-tunghu yaitu masa panen durian. Durian dipanen bervariasi karena pengaruh jenis varietas bibit durian yang ditanam.

Biasanya jika durian likal masa panen pada usia 8 sampai 10 tahun, namun pada jenis durian montong dapat dipanen setelah mencapai usia 3 sampai 4 tahun sejak masa tanam. Berikut ini adalah ciri-ciri durian siap untuk dipanen.

  • Pada ujung kilit buat memiliki warna kecoklatan
  • Ruas-ruas tagkai membesar
  • Bila dicum bau kahs durian sudah terasa
  • Apabila buah durian dipukul terdengar bunyi menggema

Itulah beberapa tahapan dalam menanam durian yang baik dan benar. Sehingga menghasilkan hasil panen yang melimpah. Semoga artikel ini bisa membantu kamu dalam budidaya tanaman durian yang baik.

BACA JUGA  Resep Pancake Durian Rumahan yang Lezat

Rekomendasi

Leave a Comment