Cara Paling Mudah Memperkecil Ukuran Pas Foto 3×4 dan 4×6 di Microsoft Word

Dalam memperkecil ukuran pas foto 3×4 dan 4×6 paling sederhana dan mudah kamu lakukan adalah dengan cara menggunakan aplikasi microsoft word.

Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi bagaimana caranya supaya foto kamu sesuai dengan ukuran pas foto yang kamu inginkan yaitu 2×3 dan 4×6. Mungkin hal ini kedengaranya aneh ditelinga tapi hal ini sangat mudah untuk kamu lakukan kawan.

Umumnya orang menggunakan software untuk melakukan pengeditan foto dengan menggunakan efek warna dan tools canggih lainya yaitu menggunakan aplikasi Adobe Photoshop, Photoscape, Inkscape, Corel Draw dan masih banyak lagi aplikasi yang lainya.

Sebelum kita melakukan perubahan foto yang kita inginkan yaitu 2×3 dan 4×6. Ada hal yang kamu harus tahu yaitu ukuran foto 3×4 dan 4×6 dalam satuan cm. Biasanya ukuran foto mengacu pada ukuran standar internasional (ISO).

Dalam kasus ini adalah ukuran 3×4 dalam cm yaitu bukan ukuran foto yang memiliki panjang 3 cm dan lebar 4 cm dan untuk ukuran foto 4×6 dalam cm yaitu bukan ukuran foto yang mempunyai panjang 4 cm dan lebar 6 cm.

Memang biasanya microsoft word digunakan utuk membuat surat-surat atau dokument yang biasa digunakan oleh instansi seperti sekolah dan universitas, karyawan kantor dan lain-lain.

Namun dengan sedikit kreatifitas dan memanfaatkan menu yang ada pada microsoft word kita dapat mengedit ukuran pas foto yang diinginkan.

Ukuran Standar Internasional Pas Foto 3×4 da 4×6 dalam Ukuran milimeter

ukuran foto 3

  • Standar ukuran pas foto 3×4 yaitu 28 mm kali 38 mm
  • Standar ukuran pas foto 4×6 yaitu 38 mm kali 55 mm.

Ukuran Standar Internasional Pas Foto 3×4 da 4×6 dalam Ukuran centimeter

ukuran foto 1

 

Jika kita convert ke dalam ukuran cm (karena secara standar microsoft word menampilkan ukuran cm).

  • Standar ukuran pas foto 3×4 adalah 2,8 cm kali 3,8 cm
  • Standar ukuran pas foto 4×6 adalah 3,8 cm kali 5,5 cm

Nah setelah kita telah mengetahui ukuran pas foto 3×4 dan 4×6 dalam ukuran centimeter. Langsung saja kita praktik bagaimana caranya mengedit foto dengan menggunakan aplikasi Microsoft Word.

Oke sekarang kita langsung saja menuju ke TKP. Perhatikan tutorial cara merubah foto kedalam ukuran 3×4 dan 4×6 dengan Microsoft Word.

  1. Langkah pertama kamu sudah harus menginstal aplikasi Microsoft Office salah satunya yaitu Microsoft word.
  2. Pilihlah pas foto yang akan dirubah ukuranya menjadi 3×4 atau 4×6. Hal ini bisa dilakukan dengan menggukan menu yang ada pada Microsoft Word.
  3. Kemudian insert image.
  4. Jika foto sudah tampil pada layar. Klik kanan foto
  5. Kemudian pilih Size
  6. Selanjutnya pada bagian width masukan ukuran lebar foto dan dibagian heigth masukan ukuran tinggi foto
  7. Hilangkan centang pada lock aspect ratio

Lihat dan perhatikan contoh gambar dibawah ini. Ada beberapa form yang harus kamu isi dan chklist. Berikut ini adalah cara crop foto ukuran 3×4 dan 4×6 dengan microsoft word.

abdusatri.com
abdusatri.com

Jika kamu ingin crop pas foto dengan ukuran 4×6 siilakan isi form dibagian width 3,8 centimeter dan height 5,5 centimeter. Namun usahakan foto yang kita akan rubah memiliki rasio yang seimbang.

Maksudnya adalah apabila ukuran foto lebar dan tingginya sama, kemudian kita akan merubahnya kedalam ukuran 3×4, maka hasil foto tersebut akan menghasilkan foto yang jelek atau tidak simetris.

Sekian dulu pembahasan tentang bagaimana cara paling mudah membuat ukuran pas foto 3×4 dan 4×6 yaitu dengan Microsoft Word. Mudah bukan, Nah sekarang tunggu apalagi tinggal praktekan ilmu yang sudah dipelajari ya kawan.

Terimakasih.


Rekomendasi

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.