Inilah Teknik Passing Bawah Bola Voli dan Passing Atas untuk Pemula

Olahraga bola voli adalah olahraga yang dimainkan oleh 12 orang, masing-masing tim terdiri dari 6 pemain yang saling bertanding. Dalam melakukan permainan bola voli teknik dasar yang harus dikuasai adalah passing bawah dan passing atas. Passing adalah salah satu teknik dari bermain bola voli yang sangat penting. Walaupun pemain mempunyai teknik smash yang baik tetapi jika tidak mempunyai skill dalam melakukan passing, hal itu akan mejadi celah bagi lawan untuk mematikan perlawanan kita. Semua teknik dasar dalam bermain bola voli wajib dipelajari bila ingin menjadi pemain profesional sehingga dapat menguasai permainan saat bertanding.

...
...

Memberikan bola kepada teman sendiri dalam satu tim dengan teknik tertentu untuk merancang strategi penyerangan itu merupakan definisi dari passing. Dalam permaianan bola voli membutuhkan teknik passing yang tepat dan akurat sehinnga bola dapat diarahkan ke pemain selanjutnya untuk melakukan proses penyerangan tim lawan.

Menurut Nuril Ahmadi passing adalah usaha yang dilakukan seorang pemain dengan menggunakan teknik-teknik tertentu yang bertujuan memberikan bola kepada teman setimnya untuk dimainkan di area lapangan sendiri dan selanjutanya menyerang lawan.

Teknik Dasar Dalam Melakukan Passing

1. Teknik Dasar Passing Atas Permainan Bola Voli

Teknik Dasar Passing Atas Permianan Olahraga Bola Voli
Teknik Dasar Passing Atas Permainan Bola Voli. Sumber gambar: bettingpro.com

Pada passing atas mempunyai 2 macam teknik yaitu passing atas normal adalah saat posisi bola berada di depan dan di atas bagian muka. Kemudian teknik yang satu lagi yaitu passing atas setinggi muka adalah ketika posisi bola tepat berada di bagian depan muka. Untuk kedua teknik ini hampir sama eksekusinya, hanya saja pada posisi bolanya berbeda.

Umpan atau Set–Up

Definisi umpan adalah memberi bola kepada teman satu tim yang selanjutnya pemain yang lain akan meneruskan dengan teknik menyerang daerah lawan yaitu dengan menggunakan teknik smash. Pada teknik ini ada beberapa syarat yang harus dipelajari

  • Posisi bola harus melambung tinggi dengan tenang tidak (bola tidak berputar-putar)
  • Bola harus berada di atas net dengan ketinggian yang cukup sehingga pemain lain dapat menyerang area lawan dengan smash
  • Jarak dari tinggi jaring sekitar 20 sampai 50 cm.

Umpan pada Permainan Bola Voli Dibagi Menjadi 4 Macam

  • Umpan Normal
  • Umpan Setengah Normal (Semi Set-up)
  • Umpan Push (Dorongan Cepat)
  • Umpan Pull (Umpan Cepat)

2. Teknik Dasar Passing Bawah

Teknik ini biasanya dilakukan saat menerima bola pertama atau meneriman smash dan serven dari pihak lawan. Saat melakukan passing bawah, ada 2 macam cara yaitu:

Teknik Passing Bawah Dengan Satu Tangan

Teknik Passing Bawah Dengan Satu Tangan Olahraga Bola Voli
Teknik Passing Bawah Dengan Satu Tangan Olahraga Bola Voli. Sumber gambar: wikimedia.org

Jika bola berada terlalu jauh dan sudah terlalu rendah, saat itulah teknik ini harus digunakan. Hal ini bisa terjadi bila lawan melakukan smash dan penerima bola pertama tdak sempurna dalam melakukan pengembalian bola. Cara untuk melakukan teknik ini adalah:

  • menggunakan tanga dengan jari-jari menggenggam
  • Posisi badan sedikit membungkuk
  • Jika pada poin-poin penting kamu bisa melakukan teknik ini dengan melayang agar bola tetap bisa terselamatkan

Teknik Passing Bawah Menggunakan Dua Tangan

Teknik Passing Bawah Menggunakan Dua Tangan Bola Voli
Teknik Passing Bawah Menggunakan Dua Tangan. Sumber gambar: volleywood.net

Untuk teknik ini umumnya dilakukan pada saat menerima servis dari lawan, tapi bisa juga dilakukan oleh pemain kedua bila bola tidak sempurna atau terlalu rendah. Berikut ini adalah macam-macam bentuk passing bola bawah menggunakan dua tangan:

Passing Bawah Menggunakan Dua Tangan Teknik The Dig (Clenched First Methode)

The dig merupakan penerimaan bola menggunakan teknik seperti menggali atau menyedok seolah-olah mengayuhkan tangan ke atas. Teknik dig adalah satu-satunya teknik yang paling sulit dalam menerima service lawan. Dengan cara ini kita bisa mengarahkan bola sesuai keinginan kita.

Ketika menggunakan teknik digg posisi jari-jari tangan yang lain harus sejajar dengan ibu jari. Teknik ini sering dipakai jika skill pemain sudah tinggi dalam kemampuan melakukan passing bawah, Saat itu pemain lebih mudah dalam menerima bola dari posiisi mananpun.

Passing bawah Menggunakan Dua Tangan Teknik Thumb Over Palm Methode

Pada teknik ini menggunakan telapak tangan mengarah ke atas dengan satu tangan bersentuhan ke telapak tangan yang lain dan ibu jari dijepit.

Sekian artikel dari saya yang membahas tentang teknik melakukan passing pada permainan bola voli. Semoga bermanfaat.

Jangan lupa baca artikel:

Sejarah Bola Voli

Ukuran Lapangan Bola Voli

4 Teknik Dasar Permainan Bola Voli

...


Rekomendasi

11 thoughts on “Inilah Teknik Passing Bawah Bola Voli dan Passing Atas untuk Pemula”

  1. Pingback: Voli | tekimoku

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.