Pengertian, Tujuan dan Jenis-jenis Metodologi Penelitian Beserta Contohnya

Penelitian adalah suatu metode yang sangat efektif untuk membuktikan sebuah hal. Penelitian sendiri terdiri dari beberapa jenis. Dan masing-masing metodologi penelitian tersebut biasanya akan dibedakan berdasarkan tujuan, kegunaan dan metode yang digunakan. Untuk lebih jelasnya, berikut ini jenis penelitian dan penjelasannya:

Jenis-jenis Penelitian Berdasarkan Tujuannya

Tujuan, Pengertian dan Jenis-jenis Penelitian Beserta Contohnya
blogdoniumarsono.blogspot.com

1. Penelitian Eksploratori

Jenis penelitian eksploratori ini adalah metode penelitian dimana objek atau topik yang diteliti adalah objek atau topik yang masih baru. Sehingga hasil penelitian tersebut merupakan hal yang masih langka.

2. Penelitian Deskriptif

Penelitian deskriptif merupakan jenis penelitian yang bertujuan untuk mengetahui gejala sosial yang sedang diteliti. Penggunaan indikator adalah hal yang paling utama untuk mendeskripsikan gejala sosial yang sedang diteliti.

3. Penelitian Eksplanatoris

Penelitian eksplanatoris yaitu jenis penelitian yang bertujuan untuk mengetahui apakah suatu gejala sosial pertama berhubungan dengan gejala sosial lainnya. Atau untuk mengetahui hubungan antara variabel satu dengan variabel lainnya. Dengan kata lain, tujuan utama dari penelitian ekspanatoris ini adalah untuk menguji hipotesis yang telah diketengahkan oleh peneliti sebelumnya.

Jenis-jenis Penelitian Berdasarkan Kegunaannya

Pengertian, Tujuan dan Jenis-jenis Penelitian Beserta Contohnya
blogdoniumarsono.blogspot.com

1. Penelitian Murni

Kegunaan dari jenis penelitian murni yaitu untuk menguji sebuah pengembangan teori, pengembangan konsep, menguji hipotesis serta juga dapat berguna untuk menguji kebenaran sebuah teori.

2. Penelitian Terapan

Sering kali dalam sebuah masyarakat terdapat sebuah konflik yang perlu dipecahkan dengan cepat. Untuk memecahkan sebuah konflik masyarakat seperti ini perlu dilakukan penelitian terapan. Ya, kegunaan jenis penelitian terapan yaitu untuk memecahkan suatu konflik yang sifatnya segera dan harus cepat.

3. Penelitian Aksi

Penelitian aksi sendiri merupakan metode penelitian yang cara penyelesaiannya atau pemecahan masalahnya dengan cara memberikan aksi atau tindakan nyata.

4. Penelitian Kebijakan

Kebijakan yang dimaksud disini dapat berupa undang-undang, surat keputusan dan segala hal yang sifatnya memang memiliki kekuatan hukum. Nah, kebijakan inilah yang nantinya akan dijadikan sebagai data untuk melakukan penelitian kebijakan. Biasanya masalah yang dipecahkan juga masih termasuk dalam malah kebijakan.

5. Penelitian Evaluasi

Berbeda dengan jenis penelitian yang bertujuan untuk mencari kesimpulan dan berguna untuk memecahkan masalah, namun penelitian evaluasi ini justru berguna untuk menilai hasil hal lain. Yaitu dapat berupa program, kebijakan dan masih banyak lainnya.

Jenis-jenis Penelitian Berdasarkan Metode yang Digunakan

Pengertian, Tujuan dan Jenis-jenis Penelitian dan Contohnya
robisearch.com

1. Penelitian Survei

jenis penelitian yang satu ini mungkin menjadi penelitian yang paling sering anda dengar. Ya, karena memang metode penelitian survei merupakan penelitian paling banyak dilakukan.

Penelitian ini akan dilakukan dengan mengumpulkan individu dengan jumlah tertentu, dimana individu tersebut dianggap representativ dan bisa mewakili sebuah populasi. Selanjutnya penelitian dilanjutkan dengan menentukan sebuah angka terkait sebuah hal, dari semua individu atau variable tersebut.

2. Penelitian Kasus

Kasus yang dipilih di sini bisa merupakan kasus individu, kelompok, suatu episode, suatu proses atau yang lainnya. Dan metode penelitian kasus ini bertujuan untuk mempelajari beberapa gejala sosial dengan sumber analisa yang terus menerus.

3. Penelitian Eksperimental

Dalam penelitian unsur sebab akibat sangatlah penting. Dan biasanya hal ini dilanjutkan dengan penelitian menggunakan eksperimental. Dengan kata lain jenis penelitian eksperimental yaitu penelitian yang bertujuan untuk mencari tahu hubungan sebab akibat antara beberapa variabel.

4. Penelitian Grounded

Penelitian grounded ini merupakan jenis penelitian yang bertujuan untuk menghasilkan sebuah teori yang ditarik secara induktif dan dari studi yang cukup mendalam.

BACA JUGA: Contoh Simbiosis Mutualisme

Seorang peneliti biasanya akan melakukan penelitian dan memilih metode penelitian berdasarkan dengan kasus atau konflik atau masalah yang harus dipecahkan. Sehingga, antara tujuan, kegunaan dan metode yang digunakan akan menghasilkan kesimpulan dan pemecahan yang baik.


Rekomendasi

1 thought on “Pengertian, Tujuan dan Jenis-jenis Metodologi Penelitian Beserta Contohnya

  1. Dari kebanyakan penelitian yang sudah ada, banyak peneliti memilih menggunakan penelitian survei untuk melakukan penelitian murni. Mengapa banyak orang menggunakan penelitian survei? Apa kelebihannya dibanding yang lainnya?

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.