3 Rahasia Teknik Lari Jarak Menengah

Pertandingan lari jarak menengah adalah bagian dari olahraga atletik. Olahraga lari terdiri dari beberapa bagian diantaranya yaitu lari jarak pendek jarak menengah, jarak jauh (marathon), sprint. Pada artikel kali ini kita akan membahas tentang lari jarak menengah.

Nomor Lari Jarak Menengah

bretcontreras.com
bretcontreras.com

Olahraga lari jarak menengah adalah lari yang dilakukan dengan menempuh jarak sejauh 800 meter, 1500 meter untuk putri. Sedangkan jarak tempuh lari menengah untuk putra yaitu 800 meter, 1500 meter dan 3000 meter. Teknik yang dilakukan saat melakukan lari jarak menengah tidak sama dengan teknik lari jarak pendek. Karena dalam melakukan lari ini kamu harus menempuh jarak lari yang lebih jauh dan pelari harus pintar mengatur kondisi fisik agar tetap kuat sampai garis finish dan bisa memenangkan perlombaan.

Teknik Dasar Lari Jarak Menengah

alkavadlo.com
alkavadlo.com

1. Teknik Melakukan Start

Teknik yang digunakan unttuk melakukan lari jarak menengah adalah menggunakan start berdiri. Untuk melakukan teknik start berdiri pelari harus berada dalam posisi berdiri di belakang garis start, kemudian salah satu kaki di depan dan kaki yang satunya berada di belakang dengan sedikit ditekuk. Posisi badan sedikit condong ke arah depan dan kedua tangan dalam posisi siap yaitu posisi tangan kanan berada di depan sedangkan tangan kiri di belakang.

2. Teknik Gerakan Tangan dan Kaki

Ada beberapa hal yang harus diperhatihan oleh seorang pelari jarak menengah adalah:

  • Gerakan Langkah Kaki

Pelari harus bisa mengatur ritme langkah kaki. Ketika sedang dalam posisi berlari sebaiknya jarak langkah kaki tidak terlalu jauh ataupun terlalu dekat, hal yang terpenting adalah bisa konsisten dalam mengatur langkah kaki hingga garis finish.

  • Posisi Tubuh

Kemiringan posisi tubuh dalam lari jarak menengah tidak secondong seperti berlari sprint, sedikit lebih rileks dan pandangan mata tetap harus mengarah ke depan.

  • Gerakan Ayunan Tangan

Posisi tangan diayunkan ke arah depan dan kebelakang. Ketika tangan diayunkan harus terkoordinasi dengan gerakan kaki. Gerkan tangan dilakukan sampai ke bagian bahu.

3. Teknik Memasuki Garis Finish

Pelari harus pintar mengatur strategi terutama ketika ingin memasuki garis finish. Saat mendekati garis finish sebaiknya pelari mengeluarkan tenaga yang penuh supaya bisa mencapai garis finish dengan cepa. Dalam pertandingan lari biasanya pelari belomba-lomba menambah kecepatan larinya ketika hampir mendekati garis finish. Berikut ini adalah hal yang harus dilakukan saat mendekati garis finish.

  • Membusungkan dada ke arah depan ketika jarak garis finish sudah dekat
  • Menjatuhkan salah satu bahu kanan ataupun kiri ke arah depan bawah ketika masih dalam posisi berlari

Larangan Dalam Melakukan Lari Jarak Menengah

pinnacleperformancechampions.org
pinnacleperformancechampions.org
  • Ketika mendekati garis finish salah satu kaki atau kedua kaki tidak boleh melakukan loncatan
  • Pelari tidak boleh menggambil pita garis finish dengan tangan.
  • Saat pelari sudah mendekati garis finish, tidak boleh berhenti secara mendadak. Karena bisa mengganggu pelari yang berada di belakangnya.

Jika kamu malakukan teknik lari jarak menengah dengan benar maka hal ini bisa membantumu untuk memenangkan pertandingan. Apabila kamu ingin melakukan latihan dalam melakukan teknik lari jarak menengah sebaiknya lakukan latihan dengan jarak yang lebih jauh misalnya 400 meter atau 500 meter.

Lakukan latihan setidaknya 4 atau 5 kali dalam satu minggu. Seorang pelari juga harus mengintrol pola makan dan berat badan, pelari yang berat badanya lebih ringan otomatis akan mempunyai gerakan yang lebih cepat dan lincah dari pelari yang memiliki kelebihan berat badan.

BACA JUGA  Pengertian dan 3 Teknik Lempar Lembing yang Belum Kamu Ketahui

Rekomendasi

2 thoughts on “3 Rahasia Teknik Lari Jarak Menengah

Leave a Comment