10 Teknik Dasar Permainan Bulutangkis yang Wajib Kamu Tahu!

Olahraga Bulutangkis atau badminton merupakan salah satu olahraga raket yang dimainkan oleh 2 orang (untuk permainan tunggal) atau 2 pasangan (untuk permainan ganda) yang saling berlawanan. Terdapat 5 pertandingan bulu tangkis yaitu tunggal putra, tunggal putri, ganda putra, ganda putri dan ganda campuran. Olahraga ini mirip dengan tenis, yaitu menggunakan raket dan kok (stuttlecock) sebagai yang peralatan utama.

Jika ingin menjadi pemain bulu tangkis yang handal, kamu wajib mempelajari teknik dasar dalam bermain bulutangkis. Berikut ini kumpulan teknik yang harus dipelajari:

1. Teknik Dasar Menggunakan Raket Pada Permainan Bulutangkis

Pada teknik ini terdapat dua macam cara yang bisa dilakukan, yaitu teknik Forehand dan Backhand.

Cara Memegang Raket dengan Teknik Forehand

Cara Memegang Raket dengan Teknik dasar Forehand pada permainan bulutangkis internasional
Memegang Raket dengan Teknik Dasar Forehand Sumber gambar: youtube.com

Gunakan tangan kanan atau kiri untuk memegang raket, posisi kepala raket menyamping, pegang raket seperti orang sedang menjabat tangan, jarak ibu jari dan jari telunjuk seperti huruf V. Sedangkan posisi jari kelingking, tengah dan jari manis menggenggam raket.

Cara Memegang Raket dengan Teknik Backhand

Cara Memegang Raket dengan Teknik Dasar Backhand Pada Permainan
Cara Memegang Raket dengan Teknik Dasar Backhand, Sumber gamabar: youtube.com

Pada teknik ini sama persis dengan teknik forehand, tetapi ada perbedaan yaitu pada posisi ini ibu jari agak digeser mendekati jari telunjuk.

2. Teknik Dasar Pukulan Forehand Pada Permainan Bulutangkis

Dalam melakukan permainan bulutangkis teknik dasar forehand merupakan jenis pukulan yang paling sering digunakan. Forehand adalah pukulan yang dilakukan dengan cara mengayunkan badan dari belakang ke arah depan raket dengan telapak tangan menghadap shuttlecock.

Cara Melakukan Teknik Dasar Pukulan Forehand

  • Pegang raket dengan teknik forehand.
  • Posisi kaki kiri berada di depan dan posisi kaki kanan berada di belakang.
  • Posisi badan miring ke arah kanan.
  • Pukul shuttlecocks sambil dengan menggerakan bahu ke depan.
  • Biarkan gerakan tangan terus ke bawah.
  • Apabila kamu ingin melakukan pukulan clear, pukulah shuttlecocks sekeras mungkin.

3. Teknik Dasar Footwork (Gerakan pada Kaki) Pada Permainan Bulutangkis

Teknik Dasar Footwork (Gerakan pada Kaki) Pada Permainan Olahraga Bulutangkis Internasional
Teknik Dasar Footwork (Gerakan pada Kaki) Pada Permainan Bulutangkis. Sumber gambar: howcast.com

Kelincahan posisi gerakan kaki ke samping, depan dan belakang merupakan salah satu teknik yang harus diketahui. Tujuannya adalah agar kita dapat menjangkau kok dari area manapun. Sehingga jika berada di posisi yang tepat kita bisa menyerang ke daerah lawan dan melakukan pukulan yang berkualitas dan mematikan.

4. Teknik Dasar Sikap dan Posisi Badan Pada Permainan Bulutangkis

Pada posisi badan harus bertumpu kepada kedua kaki agar seimbang dalam melakukan teknik penyerangan maupun bertahan. Menekuk atau membengkokkan kedua lutut kaki, kemudian ketika berdiri menggunakan bagian ujung kaki, sehingga posisi pinggang tetap tegak. Posisi kedua kaki sedikit terbuka selebar bahu dengan posisi sejajar, bisa juga salah satu kaki berada di depannya. Lengan siku melebar ke samping badan sehingga tangan yang memegang raket bebas bergerak. Ketinggian kepala raket harus lebih tinggi dari kepala kita.

5. Teknik Dasar Ketika Posisi Memukul (Hitting Position) Pada Permainan Bulutangkis

Teknik Dasar Ketika Posisi Memukul (Hitting Position) Pada Permainan Olahraga Bulutangkis Internasional
Teknik Dasar Ketika Posisi Memukul (Hitting Position) Pada Permainan Bulutangkis. Sumber Gambar: pinterest.com

Jika kamu memegang raket menggunakan tangan kanan, usahakan posisi badan menyamping ke arah net dan kaki kiri berada di depan kaki kanan. Posisi badan harus berada di belakang kok yang akan dipukul dan bahu yang kanan agak ditarik ke belakang. Ketika memukul posisi bahu kanan dan kaki kanan harus ada perpindahan yaitu dari posisi belakang ke depan.

6. Teknik Dasar Service Pada Permainan Bulutangkis

Teknik Dasar Service Pada Permainan Olahraga Bulutangkis Internasional
Teknik Dasar Service Pada Permainan Bulutangkis. Sumber gamabar: hdwallpapersn.com

Teknik ini dilakukan dengan mengarahkan kok ke area kanan, kiri depan maupun belakang pemain lawan. hindari melakukan service dengan posisi kok yang tanggung dan tepat berada di depan pemain lawam, hal itu akan memudahkan lawan dalam mematikan pergerakan kita. Ada 3 macam teknik service:

  • Service Forehand Pendek

    Memukul kok dengan dengan ayunan raket yang tidak terlalu keras dan tidak menggunakan tenagayang besar. Saat melakukan teknik ini posisi kok tidak boleh terlalu jauh dengan net. Jika teknik ini dipakai posisi kok akan jatuh di area depan lawan.

  • Service Forehand Tinggi

    Memukul kok menggunakan tenaga penuh dan Posisi kedua kaki terbuka menyamping selebar pinggang kaki. Biasanya kok akan melambung tinggi melewati pemain lawan dan akan jatuh pada daerah bagian belakang lawan.

  • Service Backhand

    Memukul kok menggunakan raket bagian luar, jika kamu memegang raket menggunkan tangan kanan teknik ini dilakukan dengan posisi kaki kanan berada di depan sedangkan kaki kanan berada di belakang. Teknik ini menggunakan ayunan yang relatif pendek dan tidak harus dengan tenaga yang penuh. Lakukan hal sebaliknya jika kamu memegang raket menggunakan tangan kiri.

7. Teknik Dasar Overhead Pada Permainan Bulutangkis

Teknik Dasar Overhead Pada Permainan Olaharaga Bulutangkis Internasional
Teknik Dasar Overhead Pada Permainan Bulutangkis. Sumber gambar: youtube.com

Satu-satunya cara jika ingin melakukan teknik ini adalah dengan memegang dengan teknik forehand. Hal ini dilakukan karena kok berada jauh dibelakang posisi kita, pukulan ini dilakukan seperti gerakan melempar.

8. Teknik Dasar Smash Pada Permainan Bulutangkis

Pada teknik ini pukulan dilakukan dengan tenaga penuh dan kok harus mengarah ke bagian bawah area lawan. Pukulan ini biasanya digunakan saat posisi menyerang dan bertujuan untuk mematikan pergerakan lawan dan teknik ini lebih baik jika dilakukan dengan lompatan yang tinggi sehingga kita mendapatkan posisi pukulan yang sempurna.

9. Teknik Dasar Dropshot Pada Permainan Bulutangkis

Dropshot merupakan pukulan yang hampir sama dengan teknik smash, namun perbedaanya adalah pada posisi raket saat akan melakukan pukulan seperti melakukan gerakan tipuan seolah-olah seperti ingin melakukan teknik smash. Jika pada teknik smash mengguanakan kekuatan penuh, makak berbeda dengan teknik dropshot yaitu hanya dipukul dengan dorongan atau sentuhan yang halus.

Seorang pemain bulutangkis yang profesional biasanya saat melakukan teknik dropshot posisi shuttlecock terjatuh tidak jauh dari net atau diantara garis ganda pemain lawan dengan net. Dalam melakukan teknik ini ada banyak faktor yang menentukan berhasil atau tidak, seperti faktor posisi tubuh, pegangan raket, pergerakan kaki dan perpindahan berat badan yang harmonis.

Cara Melakukan Teknik Dasar Dropshot

  • Pegang raket dengan teknik forehand.
  • Posisi pada saat memegang raket yaitu menyamping badan ke arah bahu.
  • Usahan bergerak dengan lincah agar mendapatkan posisi badan berada di belakang shuttlecock.
  • Pukul raket dengan posisi keadaan tangan lurus, kemudian dorong dan sentuh shuttlecock dengan pelan seperti ingin melakukan teknik smash.
  • Arahkan shuttlecock ke daerah yang kosong yaitu ke arah kanan atau kiri depan area permainan lawan.

10. Teknik Dasar Netting Pada Permainan Bulutangkis

Teknik Dasar Netting Pada Permainan Olahraga Bulutangkis Internasional
Teknik Dasar Netting Pada Permainan Bulutangkis. Sumber gambar: youtube.com

Teknik netting merupakan pukulan yang tidak terlalu keras yang berada tipis di dekat net. Jarang pemain yang bisa melakukan teknik ini, karena ini harus memiliki sense yang tinggi dan teknik penempatan bola yang baik.

Sekian pembahasan artikel tentang teknik dasar bermain bulu tangkis. semoga bisa bermanfaat untuk kamu yang baru belajar bermain bulu tangkis.


Rekomendasi

15 thoughts on “10 Teknik Dasar Permainan Bulutangkis yang Wajib Kamu Tahu!”

  1. Saya juga suka sekali dengan bermain badminton…dalam prakteknya terkadang sulit sehingga untuk menekuni olahraga ini juga harus mampu mengetahui teknik dasar, jk tidak bs kalah tiap sparring dg lawan… terimakasih, saya telah membaca artikel Anda di atas, menarik dan menambah wawasan..

  2. Sejak kecil sudah sering latihan badminton, tapi apa daya punya penyakit asma. gagal impian jadi atlet. tapi gpp mungkin bukan takdirnya 🙂

    • Pukulan smash saya masih pelan,dan masih bisa di baca lawan ,olah bola saya juga kurang bagus,,

    • Pukulan smash saya masih pelan,dan masih bisa di baca lawan ,olah bola saya juga kurang bagus,,tapi sekarang sya sudah tau cara smash yg baik dan olah bola yg baik juga ,thank you trik2nyaΠ

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.