Pengertian dan Sejarah Lari Estafet

Lari estafet atau yang biasa disebut lari sambung merupakan salah satu cabang perlombaan atletik yang dimainkan secara bergantian. Ada berbagai macam nomor lari pada perlombaan olahraga atletik yaitu lari jarak pendek 100 m, 200 m, dan 400 m, serta lari estafet, lari jarak menengah 800 m, 1500 meter dan 3000 meter, lari jarak jauh dan marathon

Pada artikel kai ini akan membahas tentang lari estafet secara lengkap mulai dari pengertian, sejarah sampai teknik-teknik yang harus dilakukan dengan benar oleh seorang atlit.

1. Pengertian Estafet

mezzotint.de
mezzotint.de

Lari estafet dilakukan secara beregu dan bergantian dengan membawa tongkat dari garis awal start sampai garis akhir finish. Dalam sebuah tim lari estafet terdiri dari 4 orang atlet. Pada cabang atletik ini berbeda dengan lari pada umumnya yang biasa dilakukan yaitu dengan memindahkan tongkat sambil melakukan sprint dari pelari perama sampai pelari terakhir

Dalam memulai perlombaan lari estafet  ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan. Salah satunya teknik start yang digunakan dalam lari ini adalah untukpelari pertama dilakukan dengan cara jongkok, sedangkan untuk pelari selanjutnya menggunkan start berdiri atau melayang.

Perlombaan lari estafet  putra maupun putri umumnya mempunyai jarak tempuh yaitu 4 X 100 meter dan 4 X 400 meter. Tidak hanya teknik berlari yang diperlukan dalam perlombaan ini, tetapi pemberian dan penerimaan tongkat pada tempat yang sudah ditentukan dan penyesuaian jarak antara sesama pelari ketika memberikan tongkat kepada pelari selanjutnya.

2. Sejarah Lari Estafet

wordpress.nmmi.edu
wordpress.nmmi.edu

Lari estefet dimulai sejak peradaban suku Aztek, Inka, dan Maya yang mempunyai tujuan untuk meneruskan berita yang diketahui sejak lama. Tradisi api olimpiade berasal dari Yunani, termasuk estafet obor yang diselenggarakan untuk menjalin hubungan dengan para dewa leluhur dan meneruskan api keramat ke tempat jajahan-jajahan yang baru.

Pada tahun 1992 di Stockholm untuk pertama kalinya mengadakan olimpiade lari estafet pria  jarak  4 x 100 meter dan 4 x 400 meter. Sedangkan untuk wanita mulai dilombakan sejak tahun 1928 dengan jarak 4 X 100 dan 4 X 400 dilombakan sejak tahun 1972.

3. Peraturan Lari Estafet

youtube.com
youtube.com

Pada jarak 4 X 100 meter pelari tidak boleh menjatuhkan tongkat estafet. Jika tongkat terjatuh maka satu tim akan langsung didiskualifikasi.

Sedangkan pada jarak 4 X 400 meter bila tongkat terjatuh, maka pelari tidak didiskualifikasi, karena jarak tempuh lebih jauh. Namun pelari akan tertinggal jauh dengan pelari yang lain.

4. Tongkat Estafet

runnersconnect.net
runnersconnect.net

Dalam melakukan lari ini harus ada benda yang dipindahkan dari satu tempat ke tempat lain yaitu tongkat estafet. Tongkat estafet merupakan benda yang di berikan secara bergilir dari pelari satu ke pelari yang lainya dalam satu tim. Ukuran dan berat tongkat di dalam pertandingan resmi internasional tidak boleh sembarangan. Berikut ini adalah beberapa standar tongkat estafet

  • Ukuran tongkat estafet memiliki panjang yaitu 29 sampai 30 cm
  • Diameter tongkat estafet untuk orang dewasa adalah 3,81 cm
  • Diameter tongkat estafet anak-anak adalah 2,45 cm
  • Berat tongkat estafet adalah 50 gr
  • Teknik Memegang Tongkat Estafet

Untuk kamu yang baru belajar, dalam memegang tongkat estafet harus dilakukan dengan cara yang benar. Memegang tongkat dapat dilakukan dengan menggunakan tangan kiri atau tangan kanan. Setengah bagian tongkat dipegang oleh pelari, sedangkan bagian yang setengahnya lagi dibeikan untuk penerima pelari berikutnya. Untuk pelari pertama tongkat estafet harus dipegang di belakang gars start.

 

BACA JUGA  Pengertian dan 4 Kriteria Ukuran Lapangan Tenis Meja Standar Internasional

Rekomendasi

1 thought on “Pengertian dan Sejarah Lari Estafet

Leave a Comment