Peraturan permainan bola voli logo

20 Peraturan Permainan Bola Voli Terbaru Standar Internasional FIVB

Dalam permainan olahraga bola voli terdapat banyak peraturan permainan bola voli standard internasional yang kamu wajib mengetahuinya. Hal semacam ini akan melatih kamu mejadi pemain yang profesinal.

Pada peraturan permainan standard Internasional harus ada satu organisasi yang jadikan tolak ukur sebagai standard dalam pengambilan ketentuan. Cabang olahraga bola voli dipantau oleh FIVB (Federation Internationale De Volleyball) adalah induk organisasi internasional dari cabang olahraga bola voli.

Sedangkan di indonesia olahraga bola voli dinaungi oleh PBVSI (Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia). Pada artikel kali ini akan membahas tentang peraturan bola Voli yang harus kamu tahu.

Peraturan Pertandingan Permainan Bola Voli

kids.britannica.com
kids.britannica.com

Dalam peraturan permainan bola voli ada dua buah tim yang yang sama-sama bertemu. Jumlah pemain yang ada pada masing-masing tim yaitu 6 orang. Diluar itu, dalam satu tim umumnya juga membawa 3 sampai 6 orang pemain cadangan.

Biasanya, permainan diawali dengan memakai system coin toss, yakni wasit melemparkan koin dua segi ke udara, lalu menangkapnya kembali dalam kondisi ditutup dengan tangan. Kedua perwakilan tim akan disuruh untuk menebak gambar segi koin yang terlihat.

Untuk yang jawabannya benar, maka tim itulah yang memiliki hak menjadi server (yang lakukan servis pertama kalinya). Untuk lakukan servis, seseorang pemain dari tim server yang ada di posisi 1 bersiap ke luar garis pinggir belakang lapangan.

Pada peraturan bola volipPemain melempar bola ke udara, lalu memukulnya sampai melambung serta jatuh di ruang lawan (menyeberangi net). Jika Bola keluar garis maka bola itu akan dinyatidakan keluar atau “out”, serta pihak lawan akan memperoleh satu poin. Sesudah bola hingga di ruang lawan, maka pihak lawan akan terima atau menahan bola itu lewat cara atau “pass” (passing).

Pass yaitu menahan bola dengan memakai ke-2 lengan yang dikumpulkan ke arah depan (passing). Dalam kondisi sangat terpaksa, penerimaan bola bisa dikerjakan dengan memakai anggota badan mana saja.

Apabila bola belum menyeberang ke ruang lawan sesudah pukulan ketiga, maka akan dihitung sebagai satu pelanggaran. Maka bola akan beralih ke tim lawan, serta tim lawan-pun akan mendapatkan poin. Bila pihak musuh dapat memasukkan bola kedalam daerah kita maka kita kehilangan bola serta musuh memperoleh nilai. Serve yang kita lakukan harus dapat melalui net serta masuk ke daerah musuh. Jika tidak, maka musuh juga akan memperoleh nilai

Sistem Pertandingan Peraturan Permainan Bola Voli

  1. Pertandingan menggunakan setengan kompetisi yang terdiri dari 8 tim utama dan akan dibagi menjadi 2 grup, setiap grup terdiri dari 4 tim.
  2. Setiap 1 tim bola voli memiliki 10 pemain yang terdiri dari 6 pemain utama yang bermain dilapangan dan 4 pemain cadangan.
  3. Untuk pergantian pemain inti dan pemain cadangan ketika pertandaingan berlangsung tidak dibatasi.
  4. Pertandingan bola voli tidak akan ditunda jika ada salah satu atau lebih dari satu anggota tim yang sama sedang bermain untuk cabang olahraga yang lain.
  5. Jumlah minimal orang yang bermain dalam pertandingan bola voli yaitu 4 orang.
  6. Jika ada tim yang bermain kurang dari 4 orang, maka tim yang bersangkutan dianggap kalah oleh pihak panitia penyelenggara.

    Sistem Pertandingan

  7. Apabila salah satu tim memenangkan pertandingan 2 set langsung, maka pertandingan tidak perlu dilajutkan. Sedangkan jika Kedua tim masing-masing memenangkan 1 set, maka pertandingan bola voli dilajutkan dengan menambahkan 1 set laga tambahan.
  8. Sistem perhitungan pada pertandingan bola voli yaitu 25 rally point. Jika kedua tim memperoleh point yang sama (24-24), maka pertandingan akan ditambahkan dengan 2 poin. Salah satu tim yang pertama kali unggul dengan selisih 2 point akan memenangkan pertandingan.
  9. Kemenangan dalam pertandingan penyisihan akan mendapatkan nilai 1. Jika terdapat 2 tim atau lebih yang memiliki nilai yang sama, maka diadakan penetuan juara group dan runner-up akan dilihat dari kualitas angka pada setiap tim yang dimainkan oleh masing-masing tim.
  10. Kesalahan meliputi:
    # Pemain bola voli menyentuh net atau melewati garis batas tengah lapangan lawan.
    # Bola tidak boleh ditangkap ataupun dilempar.
    # Bola voli harus dipantulkan tanpa harus mengenai lantai dasar lapangan.
    # Tidak dihitung sebagai out sebelum bola menyentuh permukaan lapangan, jika bola kluar garis lapangan.
    # Ketika servis bola yang melewati garis luar lapangan dihitung sebagai poin untuk lawan, Sebaliknya jika penerima servis lawan yang membuat bola keluar dihitung sebagai poin untuk lawan.
    # Pada saat serve dilakukan, semua pemain harus berada didalam area lapangan.
    # Pemain melakukan spike di atas area permainan lawan
    # Semua bagian tubuh dapat dilakukan untuk memantulkan bola kecuali dengan cara menendang bola dengan sangat keras.
    # Jika para pemain dan lawan mengenai net 2 kali ketika memainkan bola akan dihitung sebagai double faults.
  11. Masing-masing tim diwajibkan untuk bertukar sisi lapangan ketika pada saat babak berakhi dan jika babak penentuan dilakukan (set-3), maka tim yang memperoleh nilai terendah boleh meminta tukar lapangan apabila tim lawan mencapai angka 13.
  12. Dalam setiap babak time out hanya dilakukan 1 kali dan berlangsung selama 1 menit saja.

13. Sistem Penghitungan Angka Peraturan Permaianan Bola Voli

  • Bila pihak musuh dapat memasukkan bola kedalam daerah kita maka kita kehilangan bola serta musuh memperoleh nilai
  • Serve yang kita lakukan harus dapat melalui net serta masuk ke daerah musuh. Jika tidak, maka musuh akan memperoleh nilai

14. Peraturan Cara Permainan Bola Voli

pickywallpapers.com
pickywallpapers.com

Peraturan Permaianan Bola Voli – Permainan ini dimainkan oleh 2 tim yang masing-masing terbagi dalam 6 orang pemain dan berlomba meraih angka 25 terlebih dulu.

Dalam peraturan permainan bola voli satu tim, ada 4 peran utama, yakni tosser (atau setter), spiker (smash), libero, serta defender (pemain bertahan). Tosser atau pengumpan yaitu orang yang bertugas untuk mengumpankan bola pada rekan-rekannya serta mengatur jalannya permainan.

Spiker bertugas untuk memukul bola supaya jatuh di daerah pertahanan lawan. Libero yaitu pemain bertahan yang dapat bebas keluar masuk namun tidak bisa men-smash bola ke seberang net. Defender yaitu pemain yang bertahan untuk terima serangan dari lawan.

Permainan voli menuntut kekuatan insting yang sempurna, terutama untuk pemain tosser. Tosser harus bisa mengatur jalannya permainan. Tosser harus mengambil keputusan apa yang perlu dia perbuat dengan bola yang dia bisa, serta semua itu dikerjakan dalam sepersekian detik sebelumnya bola jatuh ke lapangan selama permainan.

Permainan ini dimainkan oleh 2 tim yang semasing terbagi dalam 6 orang pemain serta mengupayakan untuk meraih angka 25 terlebih dulu untuk memenangkan satu babak.

15. Peraturan Sarana dan Prasarana Permainan Bola Voli

fivb.org
fivb.org

16. Lapangan permainan

  • Peraturan permainan bola voli – Ukuran lapangan bola voli yang standar digunakan yaitu 9 meter x 18 meter.
  • Garis batas serang untuk pemain belakang memiliki ukuran yaitu 3 meterdari garis tengah lapangan. Garis tepi lapangan memiliki ketabalan 5 cm.

17. Bola Peraturan Permaianan Bola Voli

  • Bola Standar permainan harus memiliki keliling lingkaran 65 sampai 67 cm, dengan berat 260 sampai 280 gram.
  • Standar tekanan bola voli seharusnya sekitar 0.30 sampai 0.325 kg/cm2 (4.26-4.61 psi, 294.3-318.82 mbar atau hPa).

18. Net

  • Standar ukuran tinggi net untuk pemain putra adalah 2,43 meter
  • Standar ukuran tinggi net untuk pemain putri adalah 2,24 meter

19. Sarana Permainan Bola Voli

  • Peraturan permainan bola voli – Standar panjang garis samping seluas 18 meter.
  • Standar lebar lapangan seluas 9 meter.
  • Standar lebar garis serang seluas 3 meter.

20. Bentuk Pelanggaran Peraturan Bola Voli

Peraturan Permainan Bola Voli Pertandingan Internasional
fivb.org
  • Peraturan permainan bola voli Memengaruhi wasit.
  • Bicara tidak sopan pada lawan atau wasit.
  • Selalu protes terhadap keputusan wasit.
  • Meninggalkan lapangan tanpa ada se-izin wasit.

 


Rekomendasi

1 thought on “20 Peraturan Permainan Bola Voli Terbaru Standar Internasional FIVB

  1. Aoakah jika bola mati dan pemain mengover menyerahkan bola ke lawan lewat bawa net apakah demikian lawan langsung ketambahan 1 poin.

Leave a Comment