7 Struktur Perbedaan DNA dan RNA Beserta Fungsinya

Perbedaan DNA dan RNA – Akhir-akhir ini, sering kali anda mendengar perdebatan antara orang tua dan anak yang mempermasalahkan DNA masing-masing. Dimana biasanya kasus yang terjadi adalah perbedaan persepsi yang menyatakan bahwa anak tersebut bukan anak kandung dari orang tua tersebut. Sehingga untuk membuktikan kebenaran tersebut harus dilakukan tes DNA.

Lalu sebenarnya apa itu DNA? Mengapa bisa membuktikan bahwa seseorang memiliki keturunan darah dengan orangtaunnya? DNA atau yang dalam bahasa kedokteran disebut dengan asam deoksiribonukleat ini merupakan sejenis asam nukleat yang termasuk golongan biomolekul utama dimana merupakan penyusun berat kering pada setiap organisme.

Pada satu sel, umumnya letak DNA berada pada inti sel. Dan DNA sendiri memiliki peran untuk sel yaitu sebagai materi genetik, dimana DNA menyimpan cetak biru untuk segala aktifitas sel. Dan hal ini berlaku umum untuk setiap organisme.

Namun ada pengecualian pada beberapa jenis virus seperti HIV (Human Immunodeficiency Virus), dimana sebenarnya virus bukalah termasuk organisme.

Perbedaan DNA dan RNA

Perbedaan DNA dan RNA
slideplayer.info

Dari penjelasan tersebut dapat di tegaskan bahwa setiap makhluk hidup (manusia) yang lahir dari orang tuannya akan mengalami DNA yang sama, sehingga tes DNA sangat efektif untuk membuktikan masalah seperti di atas.

Selain DNA, mungkin anda juga pernah mendengar istilah RNA. RNA atau yang sering disebut dengab asam ribonukleat sendiri merupakan salah satu dari tiga macam amkromolekul utama (yang bersama dengan DNA dan protein).

Dimana peran RNA sangat penting dan memiliki fungsi sebagai sebuah bagian dalam sel yang akan membawa bahan genetik dan dapat memainkan peran utama pada ekspresi genetik.

BACA JUGA  16 Macam Ukuran Kertas F4, A5, A4, A3, A2, A1, Folio dan HVS

Pada dogma pokok (central dogma), genetika molekular, RNA dijadikan sebagai perantara informasi yang dibawa oleh DNA menuju ekspesi fenotipik yang nantinya akan diwujudkan menjadi bentuk protein.

Dari penjelasan DNA dan RNA di atas, lalu bagaimana perbedaan DNA dan RNA secara lebih detail? Berikut ini perbedaan DNA dan RNA yang bisa anda pahami.

Replikasi dan Struktur DNA

Perbedaan DNA dan RNA dan struktur DNA
terravivos.com
  • Umumnya terdapat pada kromoson yaitu pada inti sel.
  • Bentuknya menyerupai rantai, yaitu seperti rantai ganda yang memanjang.
  • Sangat berhubungan bahkan sebagai pengendali beberapa faktor-faktor keturunan pada makhluk hidup serta sinestes protein.
  • Kadar DNA pada seseorang (pada sel) tidak dipengaruhi karena sintesa protein.
  • DNA mengandung basa yaitu Primidina Sitosic C serta Timin T.
  • DNA juga mengandung basa bernama Purina Adenina A serta Guanina G.
  • Memiliki kandungan gula Geokiribosa, yaitu ribosa yang kekurangan 1 atom oksigen.

Struktur RNA

Perbedaan DNA dan RNA dan struktur RNA
slideplayer.info
  • Umumnya RNA terdapat pada bagian stoplasma, inti sel dan yang paling utama pada Ribosoma.
  • Bentuknya menyerupai rantai, namun hanya rantai tunggal yang memanjang.
  • Memiliki hubungan dengan sinestesa protein.
  • Kadar RNA dapat berubah sesuai dengan sinestes protein.
  • RNA mengandung basa yaiyu Primidina Sitisic C dan Urasil U.
  • RNA mengandung basa yaitu Purina AdeninaA dan Guanina G.
  • Memiliki kandungan gula petonsa (ribosa).

Meskipun memiliki nama sebutan yang hampir sama, namun kedua hal ini sebenarnya memiliki perbedaan yang begitu banyak. Tak hanya dari letak, namun fungsi dan pengaruhnya terhadap tubuh makhluk hidup pun sangat berbeda.

Ya, sebagai contoh mudah. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, bahwa DNA dapat dijadikan sebagai patokan penentu keturunan, sedangkan RNA tidak demikian. Sebab, RNA pada seseorang mungkin sama dengan orang lain yang notabennya bukan keturunannya.


Rekomendasi

Leave a Comment