perbedaan pertumbuhan dan perkembangan

6 Faktor Perbedaan Pertumbuhan dan Perkembangan Manusia Beserta Pengertiannya

Pertumbuhan dan Perkembangan – Setiap makhluk hidup yang diciptakan Tuhan di dunia ini pasti terlahir atau tercipta dalam ukuran kecil (umur muda). Namun seiring bertambahnya usia, mereka akan mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang membuatnya bertambah besar (fisik) dan dewasa (pikiran).

Ya, meskipun sama-sama membawa makhluk hidup, dalam hal ini manusia ke masa dimana mereka lebih matang baik fisik maupun pikiran, namun kedua hal ini memiliki perbedaan yang cukup jelas.

Namun sebelum mengetahui perbedaan pertumbuhan dan perkembangan, baiknya anda mengetahui apa itu perkembangan dan apa itu pertumbuhan.

Perbedaan Pertumbuhan dan Perkembangan Manusia

perbedaan pertumbuhan dan perkembangan manusia
slideplayer.com

Perkembangan adalah suatu proses yang akan menuju manusia menjadi lebih dewasa dan sifatnya kualitatif, yaitu tidak dapat digambarkan menggunakan angka, namun lebih dilihat dari segi fungsional. Dan biasanya perkembangan akan menjadikan seorang manusia menjadi pribadi yang lebih sempurna.

Perkembangan sendiri tidak dibatasi oleh usia. Jadi, setiap manusia yang masih mengalami pertambahan umur maka masih bisa mengalami perkembangan. Sebagai contoh, manusia yang terlahir sebagai bayi, kemudian berkembangan menjadi anak-anak yang bisa berbicara, berdiri hingga berjalan.

Sedangkan pertumbuhan yaitu proses dimana masa tubuh makhluk hidup bertambah, baik tinggi maupun volume. Dan pertumbuhan bersifat kuantitatif, yaitu dapat diukur dan dapat dihitung menggunakan angka.

Ketika seseorang mengalami pertumbuhan, perbedaannya akan sangat terlihat pada fisiknya. Dan proses ini dapat terjadi pada diri seseorang karena adanya proses pembelahan sel sehingga jumlah sel dalam tubuh bertambah, dan dengan begitu artinya pertumbuhan akan berbatas dengan waktu.

BACA JUGA  Cara Efektif untuk Mengobati Lumpuh Otak atau Cerebral Palsy

Dimana ketika sudah mencapai usia sekian seseorang tidak akan lagi mengalami pertumbuhan. Sebagai contoh, seseorang yang pada umur 12 tahun tingginya 140 cm, kemudian tumbuh menjadi 160 cm pada usia 17 tahun.

Nah itu dia penjelasan tentang pertumbuhan dan perkembangan, lalu secara lebih detail apa saja perbendaan antara kedua hal in? Berikut beberapa perbedaan pertumbuhan dan perkembangan.

Pertumbuhan

  • Memiliki sifat kuantitatif, yaitu dapat digambarkan atau diukur menggunakan angka atau bilangan.
  • Dapat dilihat dari perbedaan fisik.
  • Berbatasan dengan usia.
  • Memiliki sifat irreversible, yaitu tidak dapat dibalikkan.
  • Proses pertumbuhan terjadi karena pengaruh pembelahan sel yang membuat jumlah sel bertambah.

Perkembangan

  • Memiliki sifat kuantitatif, yaitu tidak dapat digambarkan atau dihitung menggunakan angka atau bilangan.
  • Dapat dilihat dari fisik dan kemampuan pikiran.
  • Tidak berbatasan dengan usia.
  • Memiliki sifat reversible yaitu bisa balik.
  • Proses perkembangan terjadi karena pengaruh pengalaman seiring bertambahnya waktu hidup.

Bagaimana, sudah jelas bukan perbedaan pertumbuhan dan perkembangan? Terjadinya kedua proses tersebut dalam diri seseorang pastilah karena adanya faktor yang mempengaruhi.

Faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan pada manusia sendiri terbagi menjadi dua, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Dimana kedua faktor tersebut terdiri dari beberapa macam atau poin.

Untuk lebih jelasnya, berikut faktor-faktor yang mempengaruhi manusia mengalami pertumbuhan dan perkembangan.

1. Faktor internal (dalam tubuh)

pertumbuhan dan perkembangan
lardbucket.org

Genetik

Gen yaitu faktor pembawaan sifat pada seseorang yang nantinya akan menurun pada keturunannya sendiri. Penurunan gen sendiri akan mempengaruhi beberapa hal seperti ciri fisik dan sifat dari keturunannya tersebut.

Oleh karena itu, gen memiliki peran atau pengaruh yang sangat besar pada pertumbuhan dan perkembangan seseorang. Dalam hal ini, setiap spesies dari makhluk hidup memiliki ciri masing-masing yang diturunkan pada setiap keturunannnya.

Sebagai contoh, seekor burung pasti akan melahirkan anak dengan ciri-ciri yang sama yaitu memilik sayap, dan tidak mungkin menetaskan anak yang kemudian tumbuh dengan bentuk menyerupai kucing.

Hormon

Hormon merupakan senyawa kimia organik yang secara otomatis dihasilkan oleh tubuh untuk bisa mengatur berbagai aspek yang berhubungan dengan pertumbuhan dan perkembangan.

Meskipun jumlahnya tak sebanyak sel tau organ lainnya, namun hormon memiliki peran yang sangat nyata pada pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup.

Sebagai contoh, seorang anak mengalami gangguan pertumbuhan yang disebabkan karena kekurangan hormon “growth” yang dihasilkan oleh hipofisis anterior sehingga kecepatan pertumbuahannya tidak normal.

Nutrisi (makanan)

Mungkin anda beranggapan bahwa nutrisi atau makanan merupakan faktor dari luar, namun makanan tergolong menjadi  faktor dari dalam karena makanan yang dikonsumsi makhluk hidup akan masuk ke dalam tubuh dan diolah di dalamnya, sehingga ketika sudah berada di dalam tubuh maka termasuk menjadi faktor internal penyebab pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup.

Ya, pada dasarnya makhluk hidup membutuhkan nutrisi bukan hanya untuk sumber energi namun juga untuk mendorong proses pertumbuhan dan perkembangan agar lebih maksimal. Nutrisi pokok atau yang paling dibutuhkan tubuh untuk pertumbuhan dan perkembangan sendiri ada 3, yaitu karbohidrat, lemak serta protein.

Sebagai contoh, ketika seorang manusia kekurangan nutrisi maka akan tumbuh menjadi orang yang kurus dan pendek.

2. Faktor eksternal (luar tubuh)

pertumbuhan dan perkembangan manusia
pinterest.com

Suhu

Siapa sangka suhu merupakan salah satu faktor penyebab pertumbuhan dan perkembangan yang begitu nyata. Dimana setiap makhluk hidup memerlukan suhu yang ideal untuk kemaksimalan pertumbuhan dan perkembangannya.

Pada manusia, suhu yang paling ideal untuk kemaksimalan pertumbuhan dan perkembangan yaitu pada angka 36,5-37,6 derajat celcius. Sedangkan pada tumbuhan satu dengan lainnya akan berbeda. Dan sebagian besar tumbuhan pun memiliki level ketergantungan lebih tinggi terhadap suhu dibanding manusia, demi mencapai pertumbuhan dan perkembangannya.

Cahaya

Makhluk hidup yang paling nyata atau jelas membutuhkan cahaya adalah tumbuhan. Sebab cahaya adalah salah satu faktor yang dapat membuat tumbuhan bisa melakukan fotosintesis. Dan ketika tidak ada cahaya, maka proses fotosintesis pun tidak aka terjadi.

sedangkan jika proses fotosintesis tidak terjadi, mak kebutuhan asupan makanan manusia yang sifatnya vegetable atau dari tumbuhan tidak akan terpenuhi. Nah ketika hal ini saling berkesinambungan, maka sudah jelas jika cahaya juga sangat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tak hanya tumbuhan namun juga manusia dan hewan.

Kelembaban, air dan tanah

Kelembaban suhu juga sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan dan perkembangan (lebih dominan mempengaruhi pertumbuhan). Hal ini akan sangat terlihat pada tumbuhan, semisal jamur yang akan tumbuh lebih cepat pada ruangan yang lembab.

Begitu pun air, air juga sangat berperan terhadap pertumbuhan dan perkembangan. Dimana biasanya air akan menjadi satu kebutuhan pokok yang saling melengkapi dengan makanan.

Kemudian tanah, untuk pengaruh tanah terhadap pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup yaitu lebih kepada pertumbuhan tumbuhan. Dan ketika tumbuhan tumbuh dengan baik kemudian dikonsumsi oleh manusia dan hewan pun manusia dan hewan akan mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang maksimal.

Beberapa faktor penyebab atau yang mempengaruhi makhluk hidup mengalami pertumbuhan dan perkembangan tersebut harus dipenuhi secara maksimal dan lengkap. Sebab ketika hanya salah satu yang dipenuhi, maka akan menyebabkan gangguan baik itu pada perkembangan maupun pertumbuhan makhluk hidup.

Selain itu, ketika faktor penyebab pertumbuhan dan perkembangan dapat dipenuhi dengan baik maka kedua proses tersebut akan berjalan dengan maksimal.


Rekomendasi

Leave a Comment