Pesantran Sintesa, Perpaduan Antara Bisnis Online dan Tahfidz Qur’an

Ketika mendengar sebuah kata pesantren. Pasti yang ada dalam benak kita adalah sebuah lembaga pendidikan yang fokus terhadap ilmu agama dan semua yang berhubungan dengan akhirat. Memang ilmu agama nomor satu dalam menjadi panduan kita hidup di dunia ini. Tetapi tidak salah juga ketika kita mempelajari ilmu duniawi untuk menunjang kebutuhan jasmani kita. Salah satu pesantren yang memadukan perpaduan antara ilmu akhirat dan ilmu agama. Sudah ada yang pernah mendengar pesantren Sintesa. Mungkin belum terlalu populer di kalangan masyarakat. Yuk, langsung saja kita mengenal apa itu pesantren Sintesa.

Pesantren Sintesa adalah sebuah pesantren yang fokus pada Qur’an dan Bisnis Online. Sintesa kepanjangan dari Sinergi Terpadu Santri. Mempunyai tagline, “Bersama hijaukan generasi Indonesia.” Program ini memang dirancang untuk reboisasi pemuda-pemuda Indonesia agar lebih berkarakter islami dan mempunyai tujuan hidup yang jelas.

“Carilah Apa yang Telah Dianugerahkan Oleh Allah Kepadamu (kebahagiaan) di Akhirat, dan Jangan Lupakan Bagianmu (kenikmatan) diDunia.” (Al Qashas 77)

Program-program Pesantren Sintesa

Membangun Website

Santri wajib mempunyai satu website yang dikelola sebagai media pembelajaran, sekaligus senjata untuk menerapkan bisnis di masa mendatang. Setiap santri juga diajarkan bagaimana membuat website dari ilmu yang paling dasar.

SEO Marketing

Ketika sudah mempunyai website. Santri juga akan mempelajari bagaimana mendatangkan ratusan pengunjung bahkan bisa ribuan pengunjung setiap hari ke website setiap santri yang di kelola.

Social Media Marketing

Tidak hanya sampai di situ. Santri juga akan belajar social media seperti Facebook, Twitter dan Instragram untuk mendatangkan pengunjung website, berjualan dan berdakwah. Mempunyai ribuan fans dan follower akan menambah semangat belajar santri lebih giat lagi.

Sholat Wajib 5 Waktu

Melaksanakan kewajiban sholat lima waktu dilakuakan secara berjamaah di masjid dan berinteraksi dengan masyarakat. Membentuk karakter dan kesadaran akan pentingnya menjalankan kewajiban dan kebutuhan hidup yang satu ini.

Tahfidz Qur’an

Metode talaqqi (dikte) menjadi salah satu yang di ajarkan di sintesa. Santri yang bacaanya kurang bagus dan ilmu tajwidnya belum menguasai, insya Allah dengan metode ini tetap bisa mengikuti dan di benarkan bacaanya secara cepat. Standar target hafalan yang diberikan pesantren adalah 3 ayat perhari.

Dhuha Setiap Hari

Dhuha adalah salah satu ibadah sunnah yang paling mudah dikerjakan, tidak membutuhkan waktu lama, besar pahalanya, tetapi sering orang melalaikannya. Minimal 2 rakaat setiap hari dan dilakukan secara rutin.

Optimasi Keyword

Riset keyword, riset kompetitor, sampai dengan proses memperubutkan halaman 1 di pencarian Google dengan teknik optimasi halaman (onpage) dan backlink (offpage) menjadi salah satu senjata utama agar website santri banyak pengunjung. Hingga akhirnya santri bisa mandiri dan menemukan menemukan keyword yang bagus.

Menulis dengan Baik

Untuk menembus halaman 1 pencarin Google. Wajib hukumnya memperhatikan kaidah penulisan yang benar. Setiap santri juga mempelajari bagaimana agar sebuah konten artikel bisa mendapatkan tempat di hati Google dan bisa di nikmati oleh pengunjung website.

Mengasah Skill Backlink

Baklink berkualitas menjadi kunci sukses atau tidak optimasi keyword yang ingin di capai oleh para santri. Dengan mengetahui tempat-tempat backlink yang berkualitas para santri bisa mengoptimasi keyword menengah (medium) hanya dengan menggunakan beberapa backlink saja.

Puasa Senin-kamis

Program ini dirancang sendiri oleh angkatan 1 pesantren sintesa. Dan akhirnya dipatenkan oleh pihak pesantren. Agar para santri juga merasakan manfaat dari puasa, dalam hal jasmani atau pun rohani.

Dzikir Pagi-petang

Ketika penerimaan santri dari pihak pesantren mewajibkan dzikir selama 1 minggu. Ditujukan agar Allah menghapus segala dosa-dosa. Setelah satu minggu setiap hari Rabu dan Jum’at, dibuat jadwal untuk dzikir tahlil dan istighfar di pagi dan petangnya, sebanyak 100 kali.

Program Lainya

Ada banyak lagi program-program yang insya Allah menambah Ilmu pelajaran kehidupan. Tetapi tidak keluar dari misi utama adalah Al Quran dan Bisnis Online.

Sintesa.net
Sintesa.net

Fokus Belajar

1. Membangun website.
2. SEO Marketing.
3. Google AdSense.
4. Facebook Marketing.

Target

Menjadi pengusaha berbasis online yang cinta Al Qur’an. Setelah keluar dari pesantren, diharapkan setiap alumni sudah mempunyai bekal standar seperti ini:

  1. Sudah mempunyai bekal hapalan Al Qur’an setidaknya 2 juz. Setelah itu diharapkan lebih termotivasi untuk terus menambah hapalan sampai selesai 30 juz.
  2. Sudah mempunyai 1 website yang menghasilkan dari Google AdSense dan 1 website dari penjualan produk (mempunyai 2 website).
  3. Beriklan secara mandiri melalui Facebook Ads.
  4. Membangun masyarakat di daerahnya melalui dakwah dan bisnis.
  5. Bersedekah setiap bulan melalui hasil bisnis online-nya secara rutin.

Rekomendasi

1 thought on “Pesantran Sintesa, Perpaduan Antara Bisnis Online dan Tahfidz Qur’an

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.