Inilah Manfaat Renang Gaya Katak atau Dada

Olahraga renang gaya dada yang biasa disebut juga dengan gaya katak merupakan salah satu teknik yang paling populer dan paling mudah dilakukan jika kamu ingin mempelajari teknik dan cara berenang yang benar. Namun, jika dibandingkan dengan teknik renang gaya bebas, dalam segi kecepatan gaya ini tergolong gaya renang yang lebih lambat karena tumpuan berada pada bagian dada dan gerakanya sangat kompleks.

...
...

Perlombaan renang gaya dada dipopulerkan pada tahun 1875 oleh Metthew Webb adalah seorang perenang asal inggris. Sekitar tahun 1844 London mengadakan lomba renang dan umumnya para peserta menggunakan teknik berenang gaya katak. Teknik ini mulai diperlombakan resmi di olimpiade pada tahun 1904 di St Louis.

Berikut Ini Adalah Beberapa Teknik Renang Gaya Dada atau Katak

reachforthewall.com
reachforthewall.com

1. Posisis Badan

Dianjurkan posisi badang sejajar dengan permukaan air, sedangkan posisi kepala menghadap ke bawah.

2. Gerakan Kaki

Untuk gerakan kaki sama halnya seperti katak sedang berenang, yaitu pada posisi awal kaki harus lurus, kemudian menekuk atau membengkokkan bagian lutut pada posisi ini kedua kaki melebar kaki kanan saling berjauhan dengan kaki kiri, kemudian rapatkan kedua kaki hingga kedua kaki bersentuhan secara bersamaan gerakan maju ke depan.

3. Gerakan Tangan

Berenang menggunakan gaya katak harus memperhatika posisi tangan. Saat memulai teknik ini usahakan kedua tangan lurus dan berada di atas kepala dengan posisi tangan kanan dan tangan kiri saling bersentuhan. Selanjutanya tarik kedua tangan melebar ke samping selebar bahu kemudian hingga ke arah bawah. jika sudah sampai bawah kembalikan posisi kedua tangan pada awal.

4. Pengambilan Nafas

Pernafasan menjadi salah satu kunci seberapa lama kamu bisa bertahan di dalam air. Pada teknik berenang dengan gaya katak, nafas dilakukan saat kedua tangan berada sejajar dengan bahu dan posisi kepala mendengak ke atas sehingga posisi mulut berada di atas permukaan air, saat itulah pengambilan nafas dilakukan. Ketika bernafas harus menggunakan mulut bukan hidung, hal ini juga akan mempersingkat pengambilan pernafasan.

Tips dan Trik Melakukan Teknik Renang Gaya Katak untuk Pemula

  • Jika kamu baru mulai belajar berenang, jangan langsung melakukan teknik ini sendirian. Harus ada pembimbing.
  • Untuk tahap awal sebaiknya latihan pada pinggir atau tepi kolam renang.
  • Pegang tepi kolam menggunakan kedua tangan, Selanjutnya gerakan kaki seperti yang sudah dijelaskan pada poin yang di atas.
  • Bila kaki tidak mengapung pada permukaan air, hal ini disebabkan karena kepala tidak masuk ke dalam air.
  • Jika sudah sedikit lancar, sekarang kamu sedikit menuju ke tengah kolam. hempaskan badan kamu seperti sedang meluncur, kemudian lakukan teknik renang gaya katak menuju tepi kolam. Lakukan teknik ini sampai benar-benar lancar.
  • Jika teknik renang gaya katak sudah dikuasai. Masih ada satu lagi yang tidak kalah penting, yaitu teknik pengambilan nafas. Mintalah contoh kepada pembimbing yang profesional bagaimana cara mengambil nafas yang baik.

7 Manfaat Renang untuk Kesehatan

amazonaws.com
amazonaws.com

1. Jantung Menjadi Lebih Sehat

Dalam sebuah penelitian American Heart Association (AHA) memberitahu bahwa, hanya dengan melakukan latihan olahraga berenang 30 menit per hari secara rutin, bisa mengurangi penyakit jantung koroner dari 30 – 40 persen. Tidak hanya itu, hal ini juga dapat mengontrol tekanan darah/tensi dengan baik.

2. Dapat Memperkecil Resiko Diabetes

Jika kamu mempunyai penyakit diabetes, dengan melakukan olahraga renang hanya 30 menit selama 3 kali seminggu bisa membakar 900 kalori dan mengurangi resiko diabetes tipe 2 lebih dari 10%.

3. Kadar Kolesterol Menjadi Lebih Baik

Olahraga renang dapat menjaga keseimbangan rasio yang tepat dari kolesterol yang ada dalam tubuh kamu, yaitu radio baik (HDL) dan radio buruk (LDL).

4. Memperbaiki Gejala atau Serangan Asma

Dengan olahraga ini kamu dapat keuntungan dari berenang, yaitu bisa meningkatkan volume paru-paru dan belajar bagaiman  teknik pernafasan yang benar.

5. Mengontrol Berat Badan

Melakukan olahraga renang diakui sebagai salah satu hal yang berpengaruh dalam pembakar kalori terbesar dan jika hal ini dilakukan sangat bagus untuk mengontrol berat badan kamu. Pembakaran kalori tergantung pada tubuh kamu dan seberapa sering kamu melakukan hal ini. Umumnya pada setiap melakukan 10 menit renang akan membakar 60 kalori, gaya bebas 100 kalori, gaya punggung 80 kalori dan yang paling besar dalam membakar kalori adalah berenang dengan gaya kupu-kupu.

6. Mengurangi Tingkat Stres dan Meningkatkan Semangat

Saat berenang bahan kimia yaitu Endorfin akan dilepaskan dan beban yang ada dipikiran akan hilang sementara. Itulah alasan semua umur senang melakukan olahraga ini. Sama seperti yoga renang dapat membangkitkan respon relaksasi.

...

7. Memperpanjang Usia

Menurut riset di USC (University of South Carolina) ada 40.547 orang yang mengikuti penelitian ini.Pada usia antara 20 sampai 90 tahun jika melakukan olahraga renang secara rutin dapat menurunkan tingkat kematian sekitar 50 persen lebih rendah dibandingkan dengan seorang pejalan kaki, pelari ataupun dengan orang jarang berolahraga. Hal ini berlaku untuk laki-laki dan perempuan.


Rekomendasi

2 thoughts on “Inilah Manfaat Renang Gaya Katak atau Dada”

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.