4 Fakta dan Sejarah Lompat Jauh yang Wajib Diketahui

Setiap orang pasti pernah melakukan lompatan, seperti melompat dari tangga, tempat tidur atau dari tempat yang tinggi ke tempat lebih rendah. Tahukah kamu? Ada perlomban yang hanya dengan melompat bisa mendapatkan medali. Lompat jauh merupakan cabang olahraga atletik hanya degan melakukan lompatan dari titik awal ke akhir lompatan sejauh yang kamu mampu.

Olahraga ini membutuhkan banyak faktor yaitu kecepatan dalam berlari, lompatan yang tinggi dan kekuatan otot kaki agar lompatan yang dihasilkan jauh. Tujuan dari olahraga ini yaitu untuk mendapatkan lompatan yang sejauh-jauhnya dari titik awal start yang telah ditentukan sampai batas akhir pijakan. Berikut ini adalah beberapa fakta sejarah yang harus kamu ketahui.

1. Awal Sejarah Perkembangan Lompat Jauh

mirror.co.uk
mirror.co.uk

Sejarah lompat jauh sudah ada sejak 13 abad yang lalu, yaitu pada tahun 708 masehi saat ada perlombaan olimpiade kuno di Yunani. Olahraga lompat jauh menjadi satu-satunya yang diperlombakan dalam event olimpiade kuno. Berdasarkan sejarah, panjang lompatan terjauh yang pernah dilakukan pada masa itu adalah sejauh 7,05 meter oleh peserta sparta.

Pada awal olahraga lompat jauh ini diselengarakan, setiap event yang diadakan dalam olimpiade bertujuan sebagai bentuk latihan prajurit militer perang. Dengan adanya lompat jauh dapat melatih para prajuri-prajurit perang dalam melompati halangan-halangan dengan medan yang berat, seperti parit atau jurang.

Saat masa itu, dalam olahraga lompat jauh teknik dan cara yang digunakan untuk melakukan lompatan sangat berbeda dengan teknik lompat jauh yang ada pada zaman sekarang. Pada perlombaan lompat jauh zaman dulu, diperbolehkan melakuakan teknik start dengan cara lari pendek. Selain itu para peserta lomba juga diwajibkan membawa beban di kedua tangannya yang dikenal dengan nama Halteres yang memiliki berat antara 1 sampai 4,5 kg.

BACA JUGA  Pengertian dan 3 Teknik Lempar Lembing yang Belum Kamu Ketahui

2. Perkembangan Olahraga Lompat jauh di Zaman Modern

pressherald.com
pressherald.com

Pada tahun 1896 olahraga lompat jauh pertama kali di pertandingan di olimpiade pada zaman modern yaitu pada tahun. Pada tahun 1968 peserta olimpiade yang diselenggarakan di meksiko Amerika Serikat, yaitu Bob beamon memecahkan catatan rekor dengan melakukan jarak lompatan sejauh 8,90 meter. Namun, Kemudian rekor itu bisa dipecahkan kembali oleh atlet bernama Mike Powel yang berasal dari Amerika Serikat yaitu dengan jarak lompatan sejauh 8,95 meter.

3. Sejarah Olahraga Lompat Jauh di Indonesia

huffingtonpost.com
huffingtonpost.com

Olahraga Lompat jauh memiliki Induk organisasi di Indonesia yaitu persatuan atletik seluruh Indonesia (PASI). Pada tahun 1869 pertama kali olahraga lompat jauh dipertandingkan di Indonesia. atletik termasuk dalam olimpiade modern di tahun 1896 dan membentuk peraturan dasar. Selanjutnya wanita untuk pertama kalinya diperbolehkan ikut dan berpartisipasi di lapangan dalam event kejuaraan olimpiade pada tahun 1928. Badan pengelola internasional dibentuk yaitu IAAF yang didirikan pada tahun 1912.

4. Peraturan Mejadi Bagian dari Sejarah Lompat Jauh

wikipedia.org
wikipedia.org

Orang yang akan mengikuti perlombaan kejuaraan sebaiknya harus mengetahui peraturan-peraturan dasar dalam bermain olahraga lompat jauh. Saat ingin memulai lompatan, seorang atlit harus melakukan lari dengan kencang atau yang biasa disebut dengan sprint diatas sebuah jalur yang telah ditentukan. Selanjutnya atlit harus melakukan lompatan sejauh mungkin dengan melewati sebuah palang kayu menuju ke sebuah area yang terdapat pasir.

Penilaian dalam Lompar Jauh

Mark merupakan jarak yang berhasil ditempuh oleh seorang atlit. Untuk pengertian lebih jelasnya Mark adalah jarak terdekat dari ujung palang kayu sampai atlit menginjakan kaki pertama kali pada gundukan pasir. Penilaian untuk jarak jauhnya akan dihitung dari ujung palang kayu bukan titik awal atlit ketika melakukan lompatan. Ketika atlit melakukan lompatan melampaui batas yang telah ditentukan yaitu batas papan, maka lompatan tersebut dinilai tidak sah atau fouls.

Mudah bukan dalam mempelajari sejarah lompat jauh. Setelah membaca artikel ini jangan lupa untuk belajar tentang teknik melakukan lompat jauh gaya menggantung. Semoga artikel ini dapat bermanaat buat kamu yang sedang belajar sejarah lompat tinggi.


Rekomendasi

Leave a Comment