Inilah Sejarah Permainan Bola Voli Terlengkap yang Belum Kamu Ketahui

Bola voli merupakan olahraga permainan yang dilakukan oleh dua tim atau regu yang saling berlawanan. Setiap regu hanya memiliki pemain yaitu 6 orang dalam sebuah pertandingan dan dapat digantikan oleh pemain cadangan jika pemain inti mengalami cidera. Pada permainan ini tumpuan utamanya adalah pada kekuatan tangan, lompatan dan kekuatan kaki.

Olahraga ini menggunakan kedua tangan boleh juga menggunakan kaki pada saat yang dibutuhkan. Lapangan bola voli memiliki panjang 18 meter dan lebar 9 meter. Jarak garis batas serang untuk pemain belakang adalah 3 meter diukur dari garis tengah atau posisi sejajar dengan jaring. Garis tepi lapangan memiliki ukuran 5 centi meter.

Bola voli memiliki lingkaran keliling dari 65 sampai 67 centi meter. dan berat dari 260 sampai 280 gram. dan memiliki angin dalam bola adalah sekitar 4,26 sampai 4,61 psi. Ukuran tinggi net putra adalah 2,43 meter dan untuk net putri adalah 2,24 meter. Sistem poin pada permainan ini adalah dengan menentukan banyaknya poin yang diperoleh dari bola yang memasuki area dalam lapangan lawan tetapi, jika bola keluar dari area lawan maka lawan akan mendapatkan point.

Olahraga bola voli diawasi oleh FIVB (Federation Internationale de Volleyball) didirikan pada tahun 1948 sebagai induk organisasi international yang beranggotakan 15 negara. Sedangakan bila di Indonesia diawasi langsung dan di naungi oleh PBVSI (Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia).

Sejarah Bola Voli

Terlihat pemain depan sedang melakukan teknik smash foto ini diambil dari sejarah permainan bola voli saat pertandingan kejuaraan di polandia tahun 2014
Pemain sedang melakukan teknik smash saat pertandingan berlangsung. images: poland2014.fivb.org

Olahraga bola voli pada saat awal ditemukan dan diberi nama dengan Mintonette. Permaianan bola voli pertama kali ditemukan oleh William G. Morgan yang lahir pada tahun 1870 di Lockport, New York. Disaat itu Morgan bekerja sebagai seorang instruktur pendidikan jasmani (Director of Phsycal Education) tepatnya pada tahun 9 Februari 1895, di Holyoke, Massachusetts Amerika Serikat .

Inspirasi datang ketika Morgan bertemu dengan James Naismith adalah Pencipta olahraga bola basket yang lahir pada tanggal 6 November 1861. Saat itu terciptalah olahraga baru yang bernama Mintonette. Morgan adalah lulusan Springfield College of YMCA dan selama hidupnya Morgan selalu mendedikasikannya sebagai instruktur pendidikan jasmani. Ia menciptakan permainan ini kurang lebih membutuhkan waktu selama empat tahun dengan melakukan kombinasib dari berbagai macam jenis permaianan.

Permaianan Mintonette merupakan gabungan dari empat jenis olahraga yang kemudian dijadikan menjadi satu permaianan. Gabungan empat olahraga tersebut adalah

  1. Olahraga bola basket

  2. Olahraga baseball

  3. Olahraga tenis

  4. Olahraga bola tangan (handball)

Perubahan Nama Mintonette menjadi Volley Ball (Bola voli)

Perubahan nama ini terjadi pada tahun 1896, ketika terjadi demonstrasi pertandingan perdana di International YMCA Training School. Saat itu Director of the Professional Physical Education Training School yang bernama Dr. Luther Halsey Gulick memberikan surat panggilan kepada morgan terkait dengan permaianan yang telah ia ciptakan dan akan dipresentasikan atau didemonstrasikan di stadion kampus yang baru.

Kampus YMCA mejadi tempat dimana diadakanya sebuah konferensi yang di hadiri oleh semua instruktur pendidikan jasmani. Ketika itu Morgan memanfaatkan kesempatan tersebut dengan membawa dua tim, dimana setiap tim mempunyai lima orang pemain. kemudian morgan menjelaskan permaianan ini dapat dilakuakan di dalam runagan (indoor) maupun di luar rungan (outdoor) dengan sangat leluasa. Saat itu juga Morgan menjelaskan permainan ini dapat dilakukan oleh banyak pemain tidak memiliki batasan jumlah pemain yang menjadi standar. Permaianan ini dilakukan dengan tujuan mempertahankan bola agar bergerak melewati net yang tinggi dari wilayah ke wilayah lawan.

Sejarah permainan Bola Voli di Indonesia

Orang-orang sedang melakukan permainan bola voli dengan menggunakan peralatan yang seadanya.
Orang-orang sedangmelakukan permainan bola voli. images: wikimedia.org

Masuknya permainan bola voli dimulai ketika masuknya masa penjajahan belanda melalui jalur perdagangan pada tahun 1928. Perkembangan permainan bola voli sangatlah begitu cepat di Indonesia, hal ini desebabkan karena kebutuhan olahraga rakyat indonesia yang begitu besar. Maka dari itu permainan bola voli masuk dalam pertandingan pekan olahraga nasional (PON) ke 2 pada tahun 1952 yang diadakan di kota Jakarta. Sampai saat ini bola voli termasuk cabang olahraga resmi yang selalu ada disetiap kejuaraan di Indonesia.

Induk organisasi yang ada di Indonesia yaitu persatuan bola voli seluruh indonesia (PBVSI) berdiri pada tanggal 22 Januari 1955. Dan yang menjabat sebagai ketuanya adalah W. J. Latumenten. Kemudian setelah berdirinya induk organisasi indonesia berdiri, maka pertama kali diadakan sebuah kongres dan kejuaraan nasional yaitu pada tanggal 28 sampai 30 Mei 1955 yang diselenggarakan di Jakarta.

Sekian artikel yang mempelajari tentang sejarah bola voli. Mungkin ada beberapa informasi yang kamu baru ketahui setelah membaca artikel ini. Baca juga artikel Teknik passing bawah dan passing atas bola voli yang harus kamu ketahui supaya permainan voli menjadi lebih profesional.


Rekomendasi

11 thoughts on “Inilah Sejarah Permainan Bola Voli Terlengkap yang Belum Kamu Ketahui”

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.