Inilah Sejarah Awal Terciptanya Olahraga Sepak Bola Terlengkap

Siapa yang tak kenal dengan olaharaga yang satu ini? Sepak bola merupakan olahraga paling populer di belahan penjuru dunia. Kurang lebih sebanyak 240 juta penduduk dunia bermain sepak bola. Jumlah tersebut adalah 4 % dari seluruh penduduk dunia yang ada.

Pada awalnya sepak bola hanya dimainkan oleh kaum pria saja, namun beberapa tahun terakhir sepak bola juga dimainkan oleh kaum wanita. Turnamen sepak bola wanita tingkat dunia sudah dimulai sejak 1988 atau 30 tahun setelah Piala Dunia Sepak Bola pertama.

Olahraga sepak bola juga sangat populer di negara indonesia mengalahkan bulu tangkis. Walaupun dalam segi prestasi sepak bola indonesia tidak begitu bagus dibandingkan dengan olahraga bulu tangkis. Tetapi hal itu tidak menghalangi masyarakat untuk tetap mencintai olahraga yang satu ini.

Langsung saja pada artikel kali ini saya akan membahas tentang sejarah terciptanya olahraga sepak bola Internasional maupun sejarah sepak bola di Indonesia.

Sejarah Sepak Bola Dunia

Sejarah Olahraga Sepak Bola Dunia
Sejarah Sepak Bola Dunia. Sumber gambar: gizmodo.com

Sejarah perkembangan sepak bola Dunia semakin meningkat dari masa ke masa. Pada tahun 1820 olahraga sepak bola sudah dimainkan di area lapangan kampus terkenal seperti Cambrigde, Amhers, Havard dan masih banyak yang lainnya. Kemudian pada tahun 1848 peraturan sepak bola didiskusikan pertama kali di Universitas Cambrigde. Berikut ini adalah beberapa catatan penting dalam perkembangan sejarah olahraga sepak bola.

  • Pada tahun 1863 Asosiasi sepak bola Inggris (FA) dibentuk.
  • Pada tahun 1885 Adanya pertandingan di luar Inggris yaitu Kanada vs Amerika.
  • Pada tahun 1886 pertama kali mengadakan rapat untuk membahas pembentukan asosiasi sepak bola Dunia.
  • Pada tahun 1888 Mulai ada wasit yang memegang penuh kendali suatu pertandingan sepak bola.
  • Pada tahun 1888 Peraturan tendangan pinalti mulai berlaku.
  • Pada tahun 1904 organisasi FIFA dibentuk dengan anggota Prancis, Swedia, Spanyol, Belanda, Swiss dan Belgia.

Pada tahun 1908 sejarah sepak bola berlajut. Ketika itu sepak bola untuk pertama kalinya mulai dipertandingkan di kejuaraan olimpiade dunia.

Ada satu hal yang menarik untuk kita bahas yaitu pada tahun 1938 BBC berhasil mejadi televisi siaran pertama yang menayangkan olahraga sepak bola. Lebih kerenya lagi ada sebuah fitur yang diamana ketika terjadi sebuah gol akan disiarkan ulang  dan sejarah itu terjadi pada tahun 1966. Oleh karena itu hal ini menjadi catatan sejarah yang baik dari keberhasilan sepak bola sebagai hiburan rakyat yang akhirnya menjadi olahraga yang digemari seluruh dunia.

Sejarah Berdirinya FIFA

Sejarah Berdirinya FIFA dalam olahraga sepak bola
Sejarah berdirinya FIFA. Sumber gambar: fifa.com

Demi kemajuan sepak bola akhirnya pada tahun 1904 membentuk organisasi sepak bola internasional yaitu FIFA ( Federation Internationale de Football Association). Slogan yang digunakan FIFA adalah “for the Game, for the World” yang memiliki makna yaitu permainan sepak bola akan menyatukan seluruh bangsa, setelah terjadinya perang dunia. Di kota Zurich Swiss mejadi markas dari organisasi FIFA, disanalah pusat semua hal yang berhubungan dengan bola. FIFA mempunyai tugas yaitu mengatur transfer pemain, mempromosikan sepak bola, memberikan gelar pemainterbaik dunia, menerbitkan daftar peringkat sepak bola dunia setiap bulan dan mengawasi setiap pertandingan resmi FIFA.

Berikut ini adalah beberapa badan asosiasi regional dari berbagai negara yang diawasi langsung oleh FIFA.

Sejarah sepak bola dan macam-macam asosiasi FIFA
Beberapa organisasi di bawah naungan FIFA Sumber gambar: wikipedia.org
  • UEFA (Union of European Football Associations) adalah asosiasi olahraga sepak bola untuk benua Eropa.
  • CONCACAF (The Confederation of North, Central American and Caribbean Association Football) adalah asosiasi olahraga sepak bola untuk negara Amerika Utara, Amerika Tengah dan Karibia
  • CONMEBOL (Confederación Sudamericana de Fútbol) adalah asosiasi olahraga sepak bola untuk negara Amerika Selatan.
  • AFC (The Asian Football Confederation) adalah asosiasi olahraga sepak bola untuk negara-negara Asia.
  • CAF (Confederation of African Football) adalah asosiasi olahraga sepak bola untuk negara Afrika.
  • OFC (Oceania Football Confederation) adalah asosiasi olahraga sepak bola untuk negara oceania.

Sejarah Sepak Bola di China

Sejarah olahraga Sepak Bola di China
Sejarah sepak bola di China. Sumber gambar: kenaston.org

Sejarah sepak bola setelah diteliti oleh FIFA berasal dari China saat masa Han antara abad ke-2 dan ke-3 sebelum masehi. Permainan olahraga sepak bola pada masa itu sangat berbeda jauh dengan zaman sekarang. Olahraga sepak bola pada zaman dulu dikenal dengan nama TSU CHU. Dalam bahasa China Tsu Chu adalah bermain dengan menggiring bola kulit kemudian memasukan bola kedalam jaring berukuran kecil. Olahraga sepak bola juga biasa dimainkan ketika acara ulang tahun sang kaisar. Permainan ini dilakukan secara rutin yang bertujuan untuk melatih fisik para tentara.

Sejarah Sepak Bola di Jepang

Sejarah Olahraga Sepak Bola di Jepang
Sejarah sepak bola di Jepang. Sumber gambar: thetokyofiles.com

Olahraga sepak bola tidak hanya terkenal di China, namun sepak bola dikenal juga di Jepang dengan sebutan Kemari yaitu permainan menggiring bola dari kulit kijang. Banyak negara-negara lain juga menemukan permainan ini seperti, Romawi, Mesir Kuno, Meksiko, Inggris sampai ke Amerika tengah yang bolanya terbuat dari bahan karet.

Sejarah Sepak Bola di Inggris

Sejarah Olahraga sepak bola di negara Inggris
Sejarah sepak bola di negara Inggris. Sumber gambar: wikimedia.org

Pada masa kerajaan Edward II di negara Inggris, dia melarang olahraga sepak bola karena pada permainanya banyak terjadi tindakan kekerasan yang mengarah pada aksi brutal hingga sampai perkelahian yang disebabkan tidak adanya aturan yang jelas. Setelah rakkyat mengajukan permainan olahraga sepak bola dilakukan hanya unutk hiburan setelah melakukan pekerjaan. Akhirnya pada tahun 1369 Raja Edward II mencabut kembali larangan yang telah dia buat dan meginzinkan kembali permainan sepak bola.

Namun seiring berjalanya waktu Ratu Elizabeth 1 pada tahun 1572 melarang kembali permainan ini dengan alasan yang sama. Sang ratu memberikan hukuman tegas jika ada raknyanya yang tetap bermain sepak bola maka akan dimasukan kedalam penjara.

Pada Akhirnya tahun 1680 Raja Charles II mencabut kembali larangan bermain sepak bola. Rakyat inggris sangat senang dengan berita tersebut dan sang raja pun memberikan perlindungan bagi siapapun yang ingin melakukan permainan sepak bola. Sampai saat ini olahraga sepak bola paling banyak digemari disetiap sudut kota-kota inggris, mulai dari usia anak-anak hingga dewasa.

Sejarah Berdirinya PSSI

Sejarah Berdirinya PSSI dalam olahraga sepak bola
Sejarah berdirinya PSSI. Sumber gambar: elshinta.com

Yogyakarta adalah tempat pertama kali pembentukan PSSI, yaitu tepatnya pada tanggal 19 April 1930. PSSI merupakan kepanjangan dari Persatuan Sepak Raga Seluruh Indonesia.

PSSI didirikan oleh seorang insinyur sipil bernama Soeratin Sosrosoegondo. Ia menyelesaikan pendidikannya di Sekolah Teknik Tinggi di Heckelenburg, Jerman, pada tahun 1927 dan kembali ke tanah air pada tahun 1928.

Soeratin Sosrosoegondo adalah seorang insinyur sipil yang mendirikan PSSI. Pada tahun 1927 Ia menyelesaikan pendidikannya di Sekolah Teknik Tinggi di Heckelenburg, Jerman dan kembali ke tanah air pada tahun 1928.

Soeratin melihat sepak bola sebagai wadah terbaik untuk menyemai nasionalisme di kalangan  anak muda sebagai sarana untuk menentang Belanda. Untuk mewujudkan cita-citanya itu, Soeratin mengajak tokoh-tokoh besar sepak bola yang ada di Solo, Yogyakarta, dan Bandung.

Demikian pembahasan mengenai sejarah perkembangan sepak bola. Semoga bermanfaat.


Rekomendasi

5 thoughts on “Inilah Sejarah Awal Terciptanya Olahraga Sepak Bola Terlengkap”

  1. Wah terima kasih, infonya lengkap sekali, jadi tahu sekarang seperti apa sejarah permainan yang banyak digilai orang ini 😀

  2. Jauh sebelum itu sebenarnya awalnya hanya sejumlah pria yang memainkan/menendang2 SEBUAH KEPALA MAYAT pada masa kerajaan Inggris

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.