Pemain Voli Harus Tahu 4 Teknik Dasar Permainan Bola Voli

Permainan Bola Voli – Teknik dasar merupakan salah satu faktor utama yang dapat mengukur tingkat kemahiran kamu dalam bermain bola voli selain faktor kondisi fisik, mental seorang pemain dan penyusunan strategi. Oleh karena itu setiap pemain wajib mengetahui teknik dasar dan mempelajarinya. Jika di dalam sebuah tim semua pemain mempunyai teknik dasar yang baik. Hal ini dapat dipastikan bahwa tim tersebut mempunyai kekuatan dan kualitas tim yang bagus.

Olahraga bola voli dinaungi oleh Federation Internationale De Volleyball (FIVB) merupakan induk organisasi internasional dari olahraga cabang bola voli yang mebuat peraturan permainan bola voli Dunia. Sedangkan di indonesia olahraga bola voli dinaungi oleh Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) adalah induk organisasi Indonesia.

Pengertian Permainan Bola Voli

Pengertian Permainan Bola Voli
Pengertian Bola Voli. Sumber Gambar: fivb.org

Olahraga Bola voli adalah permaianan yang dilakukan oleh 2 tim saling berlawanan, masing-masing tim terdiri dari 6 orang pemain. Penilaian dalam olahraga bola voli dilakukan dengan cara setiap tim harus mengolah bola area lapangan permainan sendiri kemudian bola harus diarahkan melewati net ke area lapangan lawan.

Secara umum dalam melakukan teknik dasar bermain bola voli terdiri dari 4 macam.

  1. Teknik dasar service yaitu pukulan bola yang dilakukan di daerah belakang garis lapangan permainan dengan melampaui net ke daerah lawan. Teknik service dilakukan pada saat awal permainan dan setelah terjadinya setiap kesalahan yang dilakukan pemain. Pukulan service dapat berupa serangan bila bola dipukul dengan keras dan terarah menggunakan teknik smash.
  2. Teknik dasar passing yaitu usaha atau upaya seorang pemain dengan menggunakan teknik tertentu, yang bertujuan untuk mendapatkan bola kemudian diteruskan kepada teman selanjutnya diolah di area lapangan sendiri.
  3. Teknik dasar spike atau smash yaitu bentuk serangan yang paling banyak digunakan dalam permainan bola voli supaya suatu tim mendapatkan banyak poin.
  4. Teknik dasar block (bendungan) yaitu mencegah serangan lawan dengan cara membendung. Teknik membendung adalah bagian dari pertahanan.

Pada permainan bola voli diperlukan pengetahuan tentang teknik-teknik dasar dan lanjutan agar dapat bermain voli secara efektif. Berikut penjelasan dari beberapa teknik dasar yang sudah di terangkan di atas.

1. Teknik Dasar Service Bola Voli

Teknik Dasar Service Permainan Bola Voli
Teknik Dasar Service Permainan Bola Voli. Sumber gambar: students.depaul.edu

Service merupakan teknik dasar bola voli yang harus di pelajari oleh setiap pemain pemula. Teknik service dilakukan dengan cara pemain berdiri pada garis belakang lapangan dengan melemparkan bola ke udara kemudian bola dipukul melewati net ke arah lapangan area permainan lawan. Tujuan melakukan service yaitu memukul bola melewati net dengan memilih area yang kosong atau mengarah ke pemain yang terlihat lemah agar tidak bisa diterima oleh pemain lawan supaya tim mendapatkan poin.

2. Teknik Dasar Passing Bola Voli

Teknik Dasar Passing Permainan Bola Voli
Teknik Dasar Passing Permainan olahraga Bola Voli. Sumber gambar: valeant.hubpages.com

Passing juga dapat dikenal dengan sebutan reception adalah sebuah usaha yang dilakukan oleh pemain dalam sebuah tim untuk menerima, mengendalikan dan menahan servis yang dilakukan oleh pemain lawan dalam bentuk penyerangan. Teknik passing terbagi menjadi 2 macam yaitu passing bawah dan passing atas.

3. Teknik Dasar Smash atau Spike Bola Voli

Teknik Dasar Smash atau Spike Permainan Bola Voli
Teknik Dasar Smash atau Spike Olahraga Bola Voli. Sumber Gambar: weheartit.com

Smash atau spike adalah teknik dasar bola voli yang dilakukan memukul bola menggunakan kekuatan penuh dengan melompat, kemudian bola diarahkan ke area permainan lawan yang kosong. Teknik ini dalam bola voli merupakan pukulan ketiga.

Urutan dalam menerima bola adalah bola pertama biasa dilakukan dengan menggunakan passing bawah, kemudian bola kedua dengan passing atas dan yang ketiga dengan melakukan teknik smash. seorang pemain spiker atau penyerang dalam tim idealnya memiliki postur badan dan lompatan yang tinggi. Hal ini karena saat melakukan teknik smash pemain harus melakukan lompatan dan memukul bola ketika berada di puncak ketinggian.

4. Teknik Dasar Block Bola Voli

Teknik Dasar Block Permainan Bola Voli
Teknik Dasar Block Permainan olahraga  Voli. Sumber Gambar: volleyball.vidler.net

Teknik Block digunakan untuk menahan atau mencegah serangan yang dilakukan oleh tim lawan. Pertahanan dapat dilakukan dengan cara menggunakan kedua tangan dan dibarengi dengan lompatan yang tinggi, kemudian menahan bola agar tidak masuk ke dalam area permaian sendiri.

Dalam bermain bola voli teknik ini sangat diperlukan oleh tim, oleh karena itu setiap pemain wajib menguasai teknik block dengan baik. Langkah yang harus dilakuakan untuk melakukan teknik blok adalah berdiri dengan posisi kaki yang sejajar, disaat yang bersamaan kedua tangan berada di depan dada dengan posisi tangan menghadap ke arah net, kemudian melakukan lompatan dan mengikuti arah bola yang akan di pukul oleh pemain lawan.

Posisi Pemain Bola Voli

Posisi Pemain Saat Pertandingan Bola Voli
Posisi Pemain Bola Voli. Sumber gambar: kids.britannica.com

Dalam permaian bola voli pelatih harus menyusun strategi dengan  pintar supaya penguasaan pertandingan bisa dikendalikan. Termasuk pengaturan posisi antara pemain yang satu dengan pemain lainya. Berikut ini posisi pemain yang berperan penting dalam setiap pertandingan bola voli.

1. Posisi Pemain Bola Voli Tosser (setter)

Tosser adalah pemain yang memiliki tugas untuk mengoper bola kepada teman satu timnya dan mengatur ritme jalanya permainan.

2. Posisi  za Pemain Bola Voli Spikker (smash)

Spikker adalah pemain yang memiliki tugas untuk memukul bola agar jatuh di area pertahanan permainan lawan

3. Posisi Pemain Bola  Voli Libero

Libero adalah pemain yang memiliki tugas bertahan dengan cara menahan bola dari pukulan lawan. Pemain ini bisa bebas dalam keluar masuk pertandingan, namun tidak boleh melakukan teknik smash. Pemain libero hanya boleh menggunakan passing bawah atau passing atas jika bola ingin melewati net.

4. Posisi  Pemain Bola Voli Defender (pemain bertahan)

Defender adalah pemain yang memiliki tugas bertahan untuk menerima serangan dari tim lawan.

Mudah bukan dalam mempelajari teknik dasar permainan bola voli. Tunggu apa lagi, langsung praktekan saja teori yang sudah di dapat. Jangan lupa baca juga artikel peraturan permainan olahraga bola volisejarah bola voli dan ukuran lapangan bola voli. Semoga bermanfaat.


Rekomendasi

31 thoughts on “Pemain Voli Harus Tahu 4 Teknik Dasar Permainan Bola Voli”

  1. terimakasih kakaaaa ilmunya.
    bermanfaat banget khususnya untuk pelajar. makasih deh kak sudah mau nge share ilmu ginian :3

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.