Inilah Teknik Dasar Tenis Meja yang Harus Kamu Ketahui

Tenis meja adalah olahraga yang menggunakan bola yang kecil. Bila dalam pertandingan kejuaraan, umunya mempunyai 2 buah kategori yang akan diperlombakan. Antara lain kategori ganda dan tunggal. Ada 5 jenis pertandingan tenis meja yaitu tunggal putra, tunggal putri, ganda putra, ganda putri dan ganda campuran.

Jika kita ingin bertanding di kejuaraan profesional, kita perlu mempelajari teknik dasar dalam permaianan tenis meja. Bagi yang ingin memperdalam hal-hal dasar tentang tenis meja, kamu wajib baca artikel ini.

1. Cara Menggunakan Bet (Teknik Grip)

Teknik dasar permainan tenis meja Menggunakan Bet (Teknik Grip)
Teknik dasar tenis meja Menggunakan Bet (Teknik Grip). Sumber gambar: experttabletennis.com

Menggunakan bet dengan baik dan benar merupakan teknik paling dasar yang wajib diketahui, serta hal ini adalah salah satu faktor terpenting dalam bermain tenis meja. Teknik menggunakan bet dengan cara teknik grip dapat dibedakan menjadi 2 macam, yaitu sebagai berikut:

a. Menggunakan Bet Seakan-akan Sedang Berjabat Tangan dengan Orang Lain (Teknik Shakehand Grip)

Disebagian negara, khususnya Eropa teknik Shakehand Grip ini sangat pupuler digunakan oleh pemain-pemain tenis meja profesional. Kedua sisi bet dapat digunakan saat bermain, jika kamu menggunakan teknik ini.

b. Menggunakan Bet Seakan-akan Sedang Mencengkram Tangkai Pena (Teknik Penhold Grip)

Asia Grip adalah nama yang populer dibandingkan dengan Penhold Grip. Hal ini jarang digunakan oleh pemain asia, karena biasanya mengunakan teknik shakehand grip dari pada teknik penhold grip. Teknik ini hanya bisa digunakan untuk satu sisi bet saja saat bermain.

c. Percabangan Dari Teknik Shakehand Grip (Seemiller Grip)

Teknik ini merupakan sumber dari Shakehands Grip. Cara dalam menggunakan bet hampir sama dengan Shakehand Grip. Perbedaanya yaitu bila dengan teknik seemiller grip adalah jari telunjuk memegang pada seluruh bagian bet, sedangkan pada bagian bet yang atas diputar 20 sampai 90 derajat menuju arah tubuh.

BACA JUGA  4 Peraturan Permainan Tenis Meja Standar Internasional

Saat melakukan teknik ini lebih mudah melakukan perubahan sisi bet ketika permainan sedang berlangsung, kemudian pergelangan tangan lebih mudah untuk digerakan ketika kita akan melakuka pukulan forehand. Dan teknik seeiler grip ini yaitu dapat lebih mudah untuk melakukan blok (Menghadang serangan lawan) dan lebih mudah mengusai permainan disaat pertandingan.

Setiap teknik memiliki kelebihan dan kekurangan. Salah satu kekurangan teknik ini yaitu susah untuk melakukan serangan sudut, kemudian kurang efektif saat pola bertahan, dan sulit untuk melakukan serangan menggunakan pukulan backhand yang cukup jauh dari meja.

2. Teknik Bersiap Siaga (Teknik Stance)

Teknik dasar tenis meja Bersiap Siaga (Teknik Stance)
Teknik dasar tenis meja Bersiap Siaga (Teknik Stance). Sumber Gambar: confitdent.com

Stance adalah salah satu teknik bagaimana menempatkan posisi kaki, tangan dan anggota badan saat ingin menyerang lawan atapun saat posisi bertahan. Teknik ini memiliki 2 macam yang dapat digunakan dalam permainan tenis meja.

a. Square Stance

Square Stance yaitu erupakan teknik positioning, dimana saat posisi tubuh kita mengarah ke meja tenis. Tekik ini umumnya dipakai pada saat menerima servis bola dari lawan atau bisa juga dalam posisi siap kembali ketika kita mendapatkan serangan dari lawan. Saat teknik ini dilakukan kaki yang digerakan hanya satu yaitu dengan satu langkah ke depan, belakang, kanan, kiri atapun diagonal. Hal ini sangat mudah dilakukan, jika kita rajin berlatih, berusaha dan berdoa.

b. Side Stance

Ketika teknik Side Stance dilakukan badan harus pada posisi menyamping kanan ataupun kiri. Saat teknik ini, posisi salah satu bahu kita harus lebih dekat dengan net ketika ingin menyerang lawan. Contoh disaat kita melakukan teknik forehand untuk pemain tenis meja yang kidal (tangan kiri), posisi bahi kiri harus lebih dekat dengan net.

3. Teknik Gerakan Kaki (Footwork)

Teknik dasar permaian tenis meja  Gerakan Kaki (Footwork)
Teknik dasar tenis meja Gerakan Kaki (Footwork). Sumber gambar: tabletennismaster.com

Footwork didalam pertandingan tenis meja secara umum dipisah menjadi 2 yaitu nomor ganda dan nomor tunggal. Bila dilihat dari banyaknya langkah kaki saat teknik ini dilakukan untuk tunggal dapat kita bedakan mejadi beberapa bagian yaitu 1 langkah, 2 langkah, 3 langkah atau lebih dari itu. Arah pergerakan kakinya pun bermacam-macam, bisa ke arah samping kanan, samping kiri, depan, belakang ataupun diagonal.

BACA JUGA  Lakukan 9 Teknik Dasar Bola Basket Ini, Supaya Permainanmu Semakin Jago

Penggunaan posisi gerakan kaki wajib diimbangi dengan jarak antisipasi jika bola datang dengan posisi pemain. Bila jaraknya sangat dekat, boleh menggunakan 1 langkah atau berdiri pada posisi tetap. Bila jarak ketika datangnya bola dengan datangnya bola dnegan posisi pemain sangat jauh, kita dapat menggunakan gerakakan dua langkah kaki. Saat kita menggunakan teknik ini, tinggal menyesuaikan posisi jarak kaki dengan datangnya bola.

Pada teknik Footowork yang populer dipakai adalah dengan menggunakan metode two-step. Metode ini biasanya digunakan oleh pemain tenis meja yang tipikal menyerang lawan.Berikut ini adalah tips melakukan teknik two-step.

  • Pada bagian lutuk sedikit ditekuk.
  • Posisi kuda-kuda pada kedua kaki harus seimbang.
  • Ujung kaki menjadi tumpuan utama berat badan.
  • Bila ingin melakukan serangan ke arah kiri lawan, berat badang wajib bertumpu pada kaki bagian yang kiri.

Bila kita ingin mencoba pukulan forehand,  wajib manarik kaki kanan ke belakang. sehingga kita tepat pada posisi awal teknik forehand. Kemudian ketika melakukan serangan lawam, lihat arah bola dahulu selanjutnya kembali pada posisi awal. Saat melukan pukulan usahan jangan memberikan gerakan tubuh kepada lawan dan harus memperhatikan posisi lawan.

Semoga artikel ini bermanfaat.

Jangan lupa baca juga artikel.

Pengertian dan 4 Kriteria Ukuran Lapangan Tenis Meja


Rekomendasi

1 thought on “Inilah Teknik Dasar Tenis Meja yang Harus Kamu Ketahui

Leave a Comment