Pengertian dan 3 Teknik Lempar Lembing yang Belum Kamu Ketahui

Apakah kamu pernah memainikan olahraga ini?  salah satu peralatan yang wajib adalah tombak atau yang biasa disebut dengan lembing. Ketika sekolah dulu pasti ada kurikulum olahraga yang membahas tetang olempar lembing, kemudian para siswa harus mepraktekan teori yang sudah diajarkan oleh gurunya. Pada artikel kali ini saya akan membahas tetang pengertian dan teknik-teknik dalam melakukan lempar lembing yang baik dan benar agar mendapatkan lemparan yang sangat jauh..

Pengertian Lempar Lembing

Lempar lembing adalah salah satu cabang dalam olahraga atletik, pada olahraga ini peralatan yang wajib adalah lembing. Cara melakukan olahraga lempar lembing adalah dengan melakukan teknik lemparan yang baik dan benar agar mendapatkan lemparan yang jauh. Pemenang pada olahraga ini diukur dari jauhnya jarak lemparan. Berikut ini beberapa teknik yang harus diketahui jika kamu ingin melakukan permainan ini.

1. Teknik Dasar Menggunakan Lembing

Latihan teknik dasar memegang lembing melakukan permainan lempar kembing
Latihan teknik dasar memegang lembig. sumber: images youtube.com

Teknik Memegang Cara Amerika

Pertama Lembing atau tombak harus sesuai posisinya yaitu berada ditelapak tangan dengan bagian ujung atau mata lembing serong hamper ka arah badan. Selanjutnya pada jari tangan bagian telunjuk memegang pangkal atau tepian dari ujung tali bagian belakang tombak (lembing), ditopang dengan ibu jari berada di tepi bagian tepi belakang dari pegangan dan lembing harus dalam keadaan lurus. Namun ketiga jari yang lain posisinya berdekatan dan renggang dan tugas jari telunjukmembantu menutupi lilitan tali lembing. Jika kamu memegang menggunakan teknik Amerika posisi ibu jari dan jari telunjuk bertugas mendorong tali pegangan lembing ketika ingin melempar.

BACA JUGA  Pengertian dan Macam-macam Teknik Gaya Lompat Tinggi

Teknik Memegang Cara Finlandia

Pertama Lembing atau tombak harus sesuai posisinya yaitu berada ditelapak tangan dengan bagian ujung atau mata lembing serong hamper ke arah badan. Selanjutnya pada bagian jari tengah memegang pangkal atau tepian dari ujung tali bagian belakang lembing yaitu dengan cara melingkarkan, ditopang dengan ibu jari berada di tepi bagian tepi belakang dari pegangan dan pada badan lembing dan posisi jari telunjuk harus dalam keadaan lemas ke arah belakang membantu menahan badan lembing. Sedangkan jari-jari lainya turut membantu memegang lilitan pegangan di atasnya. Jika kamu memegang menggunakan teknik Finlandia posisi pada ibu jari dan jari tengah bertugas mendorong tali pegangan lembing ketika ingin melempar.

Teknik Memegang Cara Menjepit

Untuk teknik ini sangat mudah dilakukan yaitu dengan cara menjepit lembing antara jari telunjuk dan jari tengah sebagai tumpuan utama. Kedua jari ini saling menjepit dengan tepat pada pangkal balutan lembing. Posisi ibu jari, jari manis dan jari kelingking mengikuti arah yang diinginkan.

2. Teknik Membawa Lembing

Latihan membawa lembing untuk melakukan permainan
Latihan teknik dasar membawa lembig. image: amazonaws.com

Ada beberapa teknik yang biasa dilakukan saat pelempar lembing melakukan aksinya. Untuk lebih jelasnya kita simak teknik membawa sebelum lembing meluncur ke target yang diinginkan:

  1. Posisi lembing berada di atas bahu dengan bagian ujung mata lembing mengarah ke depan.
  2. Posisi lembing berada di atas bahu dengan bagian ujung mata lembing mengarah ke bawah.
  3. Posisi lembing berada di bagian bawah pinggang dengan bagian ujung mata lembing mengarah ke atas dengan kemiringan sekitar 90 derajat.

3. Teknik Melemparkan Lembing

Latihan melempar lembing agar lemparan yang dihasilkan meluncur jauh
Latihan teknik dasar melempar lembig. images: darkroom.baltimoresun.com

Teknik melempar lembing harus dipelajari dengan benar, jika tidak lembing akan meluncur tidak sesuai target dan bisa berakibat fatal. Berikut beberapa teknik yang harus kamu pelajari sebelum meluncurkan lembing.

Teknik Awalan

Teknik ini diawali dengan berlari membawa lembing di atas bahu dengan lengan sedikit dibengkokan atau ditekuk, sikut mengarah kedepan dan telapak tangan menghadap ke atas. Posisi lembing saat itu berada sejajar di atas garis pararel. Pada bagian terakhir teknik awalan terdiri atas langkah silang (cross step). Untuk bagian akhir bisa dilakuakan langkah-langkahnya sebagai berikut.

  • Hop step (Teknik jingkrak)
  • Cross step (Teknik langkah silang di bagian depan)
  • Rear cross step (Teknik langkah silang di bagian belakang)

Proses perpindahan (cross step) dipakai ketika kaki diturunkan. Pada kedua bahu diayunkan dengan perlahan kearah depan, lengan kanan mulai menggerakan lembing selanjutnya lengan diluruskan menuju arah belakang dengan badan bagian atas agak condong ke belakang. Pandangan mata harus selalu melihat lurus ke depan

Lemparan


Ketika proses melempar lembing, tarik bahu yang kanan ke belakang dan lengan melakukan gerakan melempar ke depan dengas bertumpu pada poros bahu yang kuat. saat melempar posisi badan harus melewati kaki bagian depan.

Akhiran

Saat gerakan akhir teknik melempar lembing kedua kaki harus pada posisi yang tepat, sehingga badan bisa seimbang dan tidak jatuh. Kemudian agar kaki tidak melewati garis yang telah ditentukan .

Dari penjelasan di atas mudah bukan dalam melakukan permainan lempar lembing. Sekian artikel dari saya semoga bisa bermanfaat.


Rekomendasi

1 thought on “Pengertian dan 3 Teknik Lempar Lembing yang Belum Kamu Ketahui

Leave a Comment