Tempat Wisata Cirebon Waterland

Kumpulan 5 Tempat Wisata Paling Populer di Cirebon yang Sayang Jika Kamu Lewatkan

Wisata Cirebon – Cirebon adalah salah satu Kota yang menjadi perhatian banyak orang, karena Kota yang satu ini berkembang sangat pesat. Berlokasi di Jawa Barat dan merupakan kota yang menduduki peringkat ke 3, dikarenakan memiliki kemajuan yang luar biasa pesat dalam semua sektor, setelah kota bandung dan Bekasi.

Kota yang satu ini dikenal dengan sebutan Kota Udang dan juga sebagai tempat para Sunan. Ada banyak sekali penginggalan bersejarah di Kota ini. Kota Cirebon juga terkenal sebagai Penghasil batik yang diproduksi secara tradisional maupun modern.

Pada artikel kali ini saya akan menyajikan tempat wisata yang ada di sudut-sudut kota Cirebon. Sebelum kita membahas tentang beberapa destinasi tempat wisata Cirebon yang indah dan sayang untuk dilewatkan, Sebaiknya kita berkenalan terlebih dahulu dengan kota yang satu ini.

Pada awalnya Cirebon berasal dari kata “Sarumban”. Cirebon merupakan sebuah dukuh kecil yang dibangun oleh Ki Gedeng Tapa. Kemudian seiring berjalanya waktu Cirebon berkembang menjadi sebuah desa yang ramai dan diberi nama “Carub”.

Kata Carub dalam bahasa Cirebon memiliki arti bersatu padu. Mengapa demikian, karena kata Carub mempunyai makna menyatukan berbagai macam unsur budaya dan suku, beberapa contoh diantaranya Jawa, Sunda, Tionghoa dan unsur-unsur budaya dari bangsa Arab.

Sekarang tunggu apa lagi, saya akan bahas langsung tetang 5 destinasi tempat wisata cirebon yang menarik untuk kamu kunjungi. Berikut ini adalah beberapa diantaranya:

Contents

BACA JUGA  Daftar Paket Catering di Cirebon Murah, Enak, Sehat dan Halal

1. Tempat Wisata Keraton Kasepuhan di Cirebon

Tempat wisata keraton kasepuhan di Cirebon
triptrus.com

Tempat wisata Keraton Kasepuhan merupakan salah satu tempat rekemondasi pertama yang harus kamu kunjungi. Karena ditempat ini banyak sejarah yang pastinya akan menambah wawasan kamu. Keraton kasepuhan sangat terawat dan menjadi tujuan wisata favorit yang ada di cirebon.

Tempat ini adalah satu cagar budaya yang berada di kota Cirebon yang harus dilestarikan. Bangunan keraton Kasepuhan sangat megah dan memiliki unsur seni kebudayaan yang sangat tinggi. Sayang sekali jika kamu mengunjungi kota cirebon, tetapi tidak mampir ditempat yang satu ini.

Proses Pembangunan Keraton Kasepuhan dilakukan pada tahun 1529 oleh Pangeran Mas Mochammad Arifin II. Beliau adalah cicit dari Sunan Gunung Jati Cirebon. Dalam area keraton Kasepuhan terdapat museum, yang bersisi beragam benda pusaka, kereta kencana, lukisan koleksi kerajaan dan sejarah kota cirebon.

Keraton Kasepuhan dulunya bernama Keraton Pakungwati sebagai penghormatan kepada pangeran Mas Mochammad Arifin yang mamiliki gelar yang sama yaitu panembahan Pakungwati 1. Pada bangunan ini kamu akan melihat akulturasi dari berbagai macam budaya yang ada seperti budaya jawa, sunda, China, Arab, Eropa dan India.

Ada 2 macan putih yang berada di gerbang keraton kasepuhan memiliki lambang bahwa kesultanan Cirebon adalah penerus kerajaan Padjajaran dan memperlihatkan ada pengaruh agama hindu pada masa itu.

Konstruksi bangunannya pun berbagai macal kultur budaya, contohnya ukiran daun pintu gapura yang memiliki gaya Eropa, Gerbang yang menyerupai pintu di Bali, Pagar Siti hilingnya dari keramik China dan satu lagi yaitu tembok bata merah khas budaya Jawa yang mengelilingi area Keraton Kasepuhan.

Hal ini merupakan bukti bahwa adanya berbagai macam akulturasi budaya yang ada pada keraton Kasepuhan. Jika kamu ingin mengunjungi destinasi wisata yang satu ini kamu harus membayar tiket masuk Rp 8000 saja. Sayang jika kamu melewatkanWisata bersejarah yag satu ini.

BACA JUGA  Daftar Harga Paket Wedding Organizer di Cirebon Terlengkap

2. Tempat Wisata Taman Sari Gua Sunyaragi di Cirebon

Tempat Wisata Taman Sari Gua Sunyaragi Cirebon
pintuwisata.com

Salah satu bangunan bersejarah yang menarik untuk dikunjungi saat berkunjung ke kota Cirebon adalah Taman Gua Sunyaragi. Lokasi Taman Gua Sunyragi tidak jauh dari pusat kota yaitu jalan Brigjen Darsono Kelurahan Sunyaragi Kota Cirebon.

Cagar budaya yang satu ini memiliki lahan sekitar 1,5 Ha. Taman Gua Sunyaragi ini didirikan oleh Pangeran Kararangen atau pangeran Arya Carbon kurang lebih pada tahun 1703.

Ada makana yang terkandung dalam kata Sunyaragi, yaitu Sunya mempunyai makna “Sepi” dan Ragi memiliki arti “Raga” yang dimaknai tempat untuk bermeditasi (menyepi). Pada bangunan ini terdapat 18 bangunan peninggalan sejarah yang menggabungkan antara kebudayan Indonesia dan China.

Kamu tertarik untuk datang ke tempat wisata Taman Gua Sunyaragi? Hanya butuh budget tiket masuk Rp 10.000 saja. Buka pada pukul 08.00 hingga pukul 16.000.

3. Tempat Wisata Batik Trusmi di Cirebon

Wisata Batik Trusmi di Cirebon
travel.detik.com

Kamu tahu Batik kan, Iya Batik yang ditetapkan sebagai warisan budaya Indonesia itu loh. Ditempat ini banyak sekali pengrajin batik yang tradisional maupun yang sudah modern menggunakan mesin. Kata Trusmi adalah nama seorang tokoh yang ada di Cirebon yaitu murid dari Sunan Gunung Jati yang bernama Ki Gede Trusmi.

Beliau tidak hanya mengajarkan bagaimana teknik cara membatik yang benar, namun juga mengajarkan budaya-budaya dan syariat islam kepada masyarakat sekitar.

Kamu akan menemukan berbagai macam motif batik yang ada di tempat ini. Produksi batik cirebonan terdiri dari batik Cap, batik Tulis dan kombinasi antara batik tulis ditambah batik cap.

Destinasi wisata yang satu ini paling banyak dikunjungi oleh para wisatawan dalam negeri maupun mancanegara yang ingin berburu batik Cirebon dengan harga yang pastinya lebih murah dan memiliki kualitas yang bagus.

4. Tempat Wisata Religi ke Makam Sunan Gunung Jati di Cirebon

Makam Sunan Gunung Jati di Cirebon
metlandhotelcirebon.com

Setelah jalan-jalan ke berbagai destinasi tempat wisata yang ada di cirebon. Jangan lupa unutk mengunjungi tempat wisata Religi yang terkenal di kota Cirebon yaitu Makam Sunan Gunung Jati.

Makam ini terdiri dari sembilan tingkat dan mempunyai arsitektur bangunan yang sangat unik, perpaduan anatara budaya Jawa, Chiina (bisa dilihat dari hiasan keramiknya) dan budaya arab.

Banyak sekali peziarah yang mengunjungi makan Sunan Gunung Jati pada hari-hari contohnya pada malam jum’at, maulid nabi dan masih banyak lagi hari yang lainya.

5. Tempat Wisata Cirebon Waterland Ade Irma Suryani di Cirebon

Tempat Wisata Cirebon Waterland
andromedocahyo.blogspot.com

Tempat wisata ini merupakan destinasi wisata baru yang ada di Kota Cirebon. Lokasi Cirebon Waterland berada di daerah pantura dekat dengan laut utara dan yang menariknya adalah bisa meihat pemandangan laut yang indah.

Banyak fasilitas yang diberikan oleh pihak pengelola, beberapa diantaranya adalah perahu bebek, kolam arus, waterboom, penginapan cottage, air mancur dan wisata kuliner.

Berdiri di area seluas 3 hektare, tempat ini merupakan aset milik Pemerinta Kota Cirebon. Lokasinya berdekatan dengan Kantor Bank Indonesia cabang Cirebon. Grand Opening telah dilaksanakan pada awal Desember 2015 lalu. Kehadiran tempat ini diharapkan juga dapat menarik wisatawan dari luar daerah Cirebon.


Rekomendasi

1 thought on “Kumpulan 5 Tempat Wisata Paling Populer di Cirebon yang Sayang Jika Kamu Lewatkan

  1. Cirebon Memang kota yg cocok untuk berwisata oh ya jgn lupa juga berkunjung ke Wanawisata Ciwaringin yg benar-benar bikin greget pengen kesana, tempat nya yg indah cocok banget buat berburu foto
    Thanks min buat infonya

Leave a Comment