Ini Dia 3 Panduan dalam Beternak Bebek Bagi Pemula

Usaha ternak bebek sekarang semakin populer dan menjanjikan. Permintaan pasar terhadap daging hewan yang satu ini semakin bertambah. Dulu petani hanya memikirkan banyak mana caranya agar produksi telur bebek semakin meningkat, karena dagingnya hanya sebagai produk sampingan.

Ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan jika berbisnis ternak bebek. Apabila masa produktivitas telur bebek habis, maka otomatis bebek tidak akan menghasilkan telur secara maksimal. Namun, jangan khawatir ada opsi kedua yaitu dengan menjual daging bebek yang sekarang lagi populer. Disetiap rumah makan pasti ada menu bebek yang selalu menggoda lidah.

Ada sedikit perbedaan antara itik dan bebek. Itik mempunyai ciri-ciri tubuh yang lebih ramping, berjalan tegak, tubuhnya mirip seperti botol dan memiliki gerakan yang lincah. Sedangkan untuk bebek, postur tubuhnya lebih tinggi, Berjalan horinzontal dan gerakan tubuhnya lambat.

Namun pada postingan kali ini kita tidak akan bahas lebih jauh tentang cara membedakan antara itik dan bebek secara umum, karena dalam proses budidayanya relatif sama. Pada umumnya peternak indonesia ketika bisnis bebek membudidayakannya untuk diambil keduanya, baik telur maupun daginnya.

1. Metode Budidaya

jurnalasia.com
jurnalasia.com

Ada 2 metode dalam teknik budidaya bebek, yang pertama yaitu metode menggembala dan yang kedua dengan menggunakan metode kandang. Kedua metode tersebut memiliki kelebihan dan kekuranganya masing-masing.

Diantaranya jika menggunakan metode penggembala banyak digunakan oleh para peternak tradisional , seperti peternak yang kebanyakan dari daerah pantai utara Jawa. Jika menggunakan metode menggembala bebek, hal ini bisa menekan biaya pakan ternak bebek.

Bebek akan mencari sendiri pakan yang ada lingkungan disekitar, seperti: cacing, tumbuh-tumbuhan dan masih banyak lagi makanan yang bisa dimakan oleh bebek. Biasanya telur yang dihasilkan jika menggunakan metode ini akan menghasilkan telur yang baik, kuning telur yang ada didalamnya lebih berkualitas.

BACA JUGA  Cara Membuat Sambal Pecel yang Bisa Membuat Selera Makan Kamu Bertambah

Telur semacam ini bila diolah menjadi telur asin, maka hasilnya akan lebih sempurna. Namun metode ini belum bisa di aplikasikan di semua tempat . Hal ini disebabkan karena semakin terbatasnya lahan dan sumber daya manusia yang menggembala bebek yang jumlahya semakin berkurang, karena masih menggunakan cara-cara yang manual.

Tapi metode budidaya menggunakan kandang isemakin populer dan praktis. Dalam hal produktivitas telur juga tidak kalah baik jika kita bisa mengontrol pemberian pakan ternak yang baik dan benar. Berikut ini adalah beberapa tipe kandang yang cocok digunakan untuk beternak bebek.

Kandang Tipe Pekarangan

Kandang dengan tipe ini berupa pekarangan yang sekelilingnya di pagari. Bebek akan beraktivitas seperti makan, minum dan berenang yang masih ada di dalam lingkungan tersebut. Kandang ini berada di tempat terbuka, tetapi ada bagian kandang yang disediakan untuk tempat berteduh. Jika huja telah tiba atau waktu sore hari bebek akan memasuki wilayah kandang yang sudah ada tempat teduhnya.

Kandang Terkurung atau Tipe Postal

Kandang ini merupakan bangunan besar yang mempunyai atap dan dinding. Bahan dinding biasanya terbuat dari kisi-kisi bambu. Bebek dibiarkan berkeliaran didalam area lingkunagan kandang. Ada beberapa fasilitas yang harus disediakan yaitu tempat makan, tempat minum dan jika bisa buat juga kolam berenang untuk bebek. Permukaan kandang bisa menggunakan tanah atau semen dan diatasnya diberik sekam padi.

Kandang Tipe Baterai

Kandang dengan tipe ini terdapat 1-2 bebek yang ditempatkan di dalam kotak yang terpisah. Umumnya tipe kandang ini menggunakan kisi-kisi sebagai penghalang antara bebek yang satu dengan yang lainya. Hal ini sama dengan teknik budidaya ayam petelur intensif. Jika menggunakan kandang tipe baterai, maka tidak disediakan kolam berenang untuk bebek.

BACA JUGA  Manfaat dan Keunggulan Natural Nusantara Produk

2. Memilih Bibit Bebek

ayogitabisa.com
ayogitabisa.com

Ternak bebek akan menghasilkan secara maksimal jika pemilihan bibit yang baik dan benar. Ada beberapa cara yaitu:

  • Memebeli telur tetas dari induk bebek yang sudah teruji kualitasnya. Telur akan ditetaskan sendiri dengan inkubator.
  • Produksi telur sendiri dengan melakukan cara perkawinan indukan jantan dan betina. Oleh karena itu kita harus memilih bibit yang berkualitas dan juga harus melakukan perawatan secara maksimal.
  • Membeli Day Old Duck (DOD) dari toko peternakan atau peternak lain.

3. Pakan Ternak Bebek

mitraternak.wordpress.com
mitraternak.wordpress.com

Dalam beternak bebek kita juga harus memperhatikan kualitas pakan bebek petelur. Kualitas pakan ternak bebek yang baik sangat menentukan hasil bebek yang akan dihasilkan. Hal ini akan berpengaruha pada kualitas daging dan telur bebek.

Demikian penjelasan tentang panduan beternak bebek secara umum bagi pemula. Mudah bukan, tunggu apa lagi buruann tinggal prakteknya. Semoga bermanfaat.


Rekomendasi

2 thoughts on “Ini Dia 3 Panduan dalam Beternak Bebek Bagi Pemula

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.