Tips yang Wajib di Baca Untuk Pendaki Pemula

Gunung merupakan salah satu tempat yang bisa dijadikan referensi disaat kita jenuh dengan rutinitas sehari-hari. Banyak dari orang yang ingin mersakan sensasi serunya mendaki gunung. Namun, keinginan ini tidak semua orang bisa melakukanya. Beberapa alasan orang takut akan mendaki gunung, mulai dari fisik yang merasa tidak mampu untuk berjalan kaki selama berjam-jam, kurangnya percaya diri, hingga takut akan hal-hal yang berbau mistik dan masih banyak lanya.

Dari pada banyak memikirkan hal-hal yang negatif. Simak beberapa tips dan trik dari saya agar bisa menaklukan puncak gunung. Semoga artikel ini bisa menjadi tolak ukur.

1. Lari Rutin, Minimal 1 Minggu Sebelum Pendakian

sehatkancantik.blogspot.com
sehatkancantik.blogspot.com

Persiapan fisik sangatlah penting dan bisa menjadi bahan acuan, apakah kamu bisa menaklukan puncak gunung atau tidak. Fisik merupakan salah satu aspek utama yang bisa menunjang sukses atau tidak sebuah pendakian. Mendaki gunung bukanlah perjalanan yang sebentar, pendakian gunung membutuhkan waktu berjam-jam perjalanan bahkan bisa sampai berhari-hari. Apalagi dengan track yang terjal, menanjak dan harus membutuhkan konsentraasi penuh.

Salah satu cara meningkatkan fisik adalah dengan cara lari (jogging). Karena hal itu bisa melatih kekuatan kaki dan pernafasan. Saat mendaki, bukan kecepatan seberapa sampai kamu di puncak gunung, tapi sekuat apa fisikmu untuk bertahan sampai puncak.

2. Perlengkapanmu Harus Komplit

hendriagustin.wordpress.com
hendriagustin.wordpress.com

Jangan remehkan soal yang satu ini, karena ini bisa berbahaya jika lupa membawa perlengkapan. Biasanya perlengkapan pendakian dibagi menjadi dua, perlengkapan tim dan perlengkapan individu. Untuk perlengkapan tim biasanya yang di bawa misalnya, tenda, alat masak, bahan bakar, penerangan dan jangan lupa membawa p3k. Sementara untuk perlengkapan pribadi. Seperti, air minum, bahan makanan, jaket, penutup kepala, kaos kaki, sarung tangan, dan lain-lain.

Biasanya untuk pendaki pemula, membawa perlengkapannya yang tidak sedikit. segala sesuatunya sudah di persiapkan 2 hari sebelumnya. Perlengkapan untuk pendaki pemula umumnya membawa perlengkapan paling ribet, dengan alasan, saya baru pertama kali mendaki. Nanti, kalau kekurangan makanan, kekurangan perlengkapan dan lain sebagainya, bagamiana?

3. Jangan Takut, untuk Meminta Istirahat Kepada Instruktur

setapakadventure.blogspot.com
setapakadventure.blogspot.com

Dalam sebuah perjalanan pendakian. memerlukan komunikasi yang baik antara sesama anggota. Hal ini sangat dibutuhkan, baik yang pendaki pemula maupun pendaki profesional harus bisa berkomunikasi dengan baik. Butuh kerja sama, kekompakan tim dan solidritas yang benar-benar kuat.

Saat pendaki pemula merasa kelelahan, sebaiknya segera beritahu instruktur tim. Terkadang pendaki pemula merasa gengsi untuk meminta istirahat ketika pendaki lain masih melanjutkan perjalanan. Memaksakan perjalanan ketika sudah lelah, hanya akan memperburuk keadaan. Pendaki bisa lemas, kekurangan tenaga, bahkan bisa juga pingsan. Alasan inilah pendaki pemula sebaiknya menemukan tim atau pendamping yang bisa membuatnya merasa nyaman.

4. Jangan Memaksakan Diri, Jika Kondisi Tubuh Tidak Dalam Keadaan Sehat

www.jalanjalanyuk.com
www.jalanjalanyuk.com

Kondisi fisik sangatlah penting, jangan sepelekan hal ini. Jika kamu terserang flu atau tiba-tiba, Sebaiknya batalkan saja pendakiannya. Memaksakan fisik yang kurang sehat bisa berakibat fatal bagi pendaki pemula.

5. Pendaki Pemula Butuh Pendamping Yang Handal

Dikatama.com
Dikatama.com

Setiap pendaki pemula butuh pendamping. Setidaknya yang sudah tebiasa mendaki gunung, mengenal medan atau  megetahui jalur pendakian yang biasa dilalui. pendamping akan membimbing pendaki pemula, dari mulai awal persiapan yang wajib diawa sampai akhir kegiatan pendakian.

Pendamping untuk pendaki pemula haruslah mereka yang bisa menciptakan suasana saat pendakian terasa lebih nyaman. Pendamping juga harus lebih sabar dalam membimbing pendaki pemula.

6. Finish Bukanlah Perkara Bisa Sampai Puncak Gunung, Tetapi Adalah Sampai Rumah Dengan Selamat

Dikatama.com
Dikatama.com

Puncak gunung merupakan harapan semua pendaki pemula. Disaat kamu sudah berada di puncak, ada satu hal lagi yang kamu harus pikirkan, yaitu bagaimana caranya agar pulang kerumah dengan selamat. Ketika perjalanan turun gunung alam punya kekuatan untuk menambah semangat kita hingga akhirnya sampai di rumah dengan selamat.

Inilah 10 Daftar Gunung yang Bisa Dijadikan Referensi untuk Pendaki Pemula:

  1. Gunung Nglanggeran, Yogyakarta 700 mdpl

  2. Gunung Batur, Bali : 1.717 mdpl

  3. Gunung Andong, Jawa Tengah: 1.762 mdpl

  4. Gunung Ungaran, Jawa Tengah: 2.050 mdpl

  5. Gunung Papandayan, Jawa Barat : 2.265 mdpl

  6. Gunung Ijen, Jawa Timur: 2.443 mdpl

  7. Gunung Prau, Jawa Tengah : 2.565 mdlp

  8. Gunung Gede, Jawa Barat: 2.958 mdpl

  9. Gunung Sindoro, Jawa Tengah: 3.136 mdpl

  10. Gunung Lawu, Perbatasan Jawa Timur-Jawa Tengah: 3.265 mdpl

 


Rekomendasi

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.