Pengertian dan 4 Kriteria Ukuran Lapangan Tenis Meja Standar Internasional

Kamu pasti tahu kan olahraga yang satu ini, Atau sudah pernah mencobanya, jangan-jangan sudah mengetahui teknik dasar tenis meja? Dari namanya pasti kamu sudah mengetahui makna dari kata tersebut, yaitu tennis adalah permainan yang mengunakan bola dan raket atau yang biasa disebut dengan bet kemudian meja yang mempunyai arti dalam melakukan permainan ini dilakukan disebuah meja.

...
...

Pengertian Tenis Meja

fullhdwp.com
fullhdwp.com

Pengertian permainan tenis meja adalah olahraga bola kecil yang dimainkan di sebuah meja dengan ukuran yang ditentukan dengan menggunakan bet. Raket dalam permainan disebut bet adalah alat yang digunakan sebagai alat memukul sebuah bola yang terbuat dari bahan kayu dan dilapili oleh karet yang bertujuan agar bola dapat memantul dengan sempurna.

Olahraga yang satu ini hampir mirip dengan tenis lapang yang dimainkan di lapangan yang ukuranya besar, hal inilah yang menjadi perbedaan antara tenis lapangan dan tenis meja, tidak hanya itu ukuran raket dan bolanya pun berbeda. Permainan tenis meja dilakukan oleh 2 atau 4 orang yang saling bertanding untuk mendapatkan poin. Di indonesia orang biasa menyebut olahraga tenis meja dengan nama olahraga bola ping pong.

Federasi Internasional Olahraga Tenis Meja

ittfoceania.com
ittfoceania.com

Pada permainan olahraga ini mempunyai organisasi yang akan mengawasi pertandingan internasional, peraturan pertandingan atau pun hal lainya yang berhubungan dengan induk organisasi olahraga tenis meja akan diawasi langsung oleh ITTF (International Table Tennis Federation). Sedangkan untuk cabang olahraga tenis meja di indonesia bernama PTMSI (Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia). Berikut ini adalah beberapa spesifikasi standar ukuran lapangan tenis meja.

1. Ukuran Lapangan Tenis Meja Standar Internasional

tabletennisbug.com
tabletennisbug.com

Lapangan tenis meja tidak menggunakan sebuah lahan kosong atau permukaan yang menempel lantai seperti halnya olahraga-olahraga yang lainya. Untuk lapangan olahraga yang satu ini yaitu menggunakan meja yang ditopang oleh beberapa kaki penyangga meja agar seimbang. Karena permainan tenis meja dilakukan dengan berdiri, maka posisi pemain harus menyesuaikan dengan ukuran meja yang telah ditentukan.

Organisasi di Indonesia yaitu persatuan tenis meja seluruh indonesia menjadikan ukuran lapangan tenis meja harus mengikuti standar internasional di bawah pengawasan ITTF (International Table Tennis Federation). Beriku ini adalah beberapa standar ukuran lapangan tenis meja internasional.

Beberapa Kriteria Ukuran Lapangan Tenis Meja

  • Memiliki panjang lapangan yaitu 274 cm.
  • Memiliki lebar lapangan yaitu 152,5 cm.
  • Memiliki tinggi yang di ukur dari bawah lantai yaitu 76 cm.
  • Memiliki tebal garis sisi lapangan yaitu 2 cm.
  • Memiliki luas lapangan yaitu 4,1785 meter persegi.

2. Spesifikasi Bahan  Bet dan Meja Tenis

esp.ospblades.com
esp.ospblades.com

Salah satu faktor atau komponen terpenting pada permainan tenis meja adalah peralatan meja. Kamu tidak dapat melakukan olahraga ini bila tidak menggunakan meja sebagai lapangan. Hal ini sudah menjadi peraturan resmi dalam permainan tenis meja. Bahan tenis meja wajib mengikuti aturan standar yang ditentukan yaitu ketika bola di lemparkan ke atas harus memantul dengan ketinggian tertentu. Bahan yang diguanakan untuk membuat meja tenis adalah multiplex, karena jenis bahan ini mempunyai keunggulan yaitu kuat, kokoh dan tahan lama.

3. Ukuran Net Standar Internasional

tabletennis-pingpong.com
tabletennis-pingpong.com

Tujuan dari permainan ini adalah untuk mendapatkan poin sebanyak-banyaknya dengan cara bola harus melampaui batas net pemain lawan supaya memenangkan pertandingan. Net berfungsi sebagai pembatas tinggi laju bola tenis dan pembatas jarak antara pemain, maka dari itu pemain tidak boleh memukul terlalu rendah dan jika melakukan teknik-teknik tenis meja usahakan bola melewati net.

Salah satu peraturan resmi dalam permainan olahraga tenis meja adalah saat pemain melakukan servis kemudian bola menyentuh net namun tetap melaju ke area lapangan lawan, maka pemain harus megulang servisnya. berikut spesifikasi ukuran net standar internasional.

Beberapa Kriteria Net Tenis Meja

  • Memiliki panjang net yaitu 183 cm.
  • Memiliki lebar atau tinggi net yaitu 15,25 cm.
  • Memiliki jarak meja ke tiang yaitu 15,25 cm.
  • Memiliki luas net yaitu 0,279075 meter persegi.

4. Bola Tenis Meja Standar Internasional

esp.ospblades.com
esp.ospblades.com

Umumnya bola yang digunakan pada pertandingan tenis meja berwarna orange dan putih. Bola yang digunakan pada permainan tenis meja ukuranya lebih kecil dibandingkan dengan bola tenis lapangan. Berikut ini beberapa standar ukuran bola dalam peraturan tenis meja.

...

Beberapa Kriteria Ukuran bola Tenis Meja

  • Bola tenis memiliki diameter yaitu 40 mm.
  • Bola tenis memiliki berat yaitu 2,7 gram
  • Bola tenis terbuat dari bahan selulosa yang ringan.
  • Bola tenis bila dijatuhkan dari ketinggian 30,5 mm, maka bola harus menghasilkan pantulan sekitar 23 sampai 26 mm.
  • Bola tenis yang digunakan pada pertandingan resmi harus memiliki bintang 3 yaitu dengan kualitas terbaik.

Dari penjelasan di atas, kamu pasti sudah mengerti jika ingin membuat lapangan tenis meja atau membelinya dengan spesifikasi standar internasional. Kamu juga harus teliti dalam pemilihan bola tenis meja supaya pukulan kamu melesat cepat. Sekian pembahasan artikel untuk kali ini semoga bisa bermanfaat.


Rekomendasi

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.