Usaha Sampingan Untuk PNS

Menjadi Pegawai Negeri Sipil merupakan salah satu pekerjaan yang mungkin masih didambakan setiap warga negara Indonesia karena selain mendapatkan gaji pokok yang pasti, tunjangan yang cukup baik itu kesehatan, transportasi, dan lembur, mereka juga tentunya akan mendapatkan dana pensiun yang sangat mendukung ketika nanti sudah memasuki masa pensiun di mana kita sudah tidak diminta untuk bekerja lagi. Hal ini menjadi salah satu faktor di mana PNS menjadi salah satu profesi yang sangat diperhitungkan oleh mayoritas warga Indonesia.

PNS dalam hal ini dapat berupa profesi di Kementerian Pusat atau pun di pemerintahan daerah yang kini sudah tersedentralisasi sehingga lapangan pekerjaan menjadi PNS menjadi lebih luas. Akan tetapi, beberapa kalangan merasa bahwa jika menjadi PNS saja tidaklah cukup untuk memenuhi kebutuhan di masa yang akan datang karena tentu saja kebutuhan akan semakin besar jumlahnya. Dibutuhkan sebuah pekerjaan sampingan yang dapat mendukung bidang finansial seseorang. Salah satu caranya adalah beternak dengan cara moderen.

Ada beberapa usaha alternatif yang bisa dilakukan oleh PNS dalam menambah penghasilan tambahan di luar profesinya sebagai pegawa. Beberapa di antaranya adalah membuka warung kelontong kebutuhan sehari-hari di teras rumah, membuka usaha kuliner warung angkringan atau nasi rames, menjadi driver taksi online atau ojek online yang sekarang sedang menjadi profesi sampingan yang cukup digemari, dan yang terakhir bisa dengan beternak hewan secara modern atau bisa disebut juga ternak online.

Ternak modern di sini dapat dilakukan dengan cara beternak kambing, sapi, atau pun unggas. Namun yang lebih mudah dilakukan adalah dengan beternak kambing dan sapi karena resiko kematian yang tidak begitu tinggi.

BACA JUGA  Jasa Service AC Panggilan di Daerah Cirebon Pelayanan Handal dan Profesional

Sudah banyak artikel atau tulisan yang menyediakan konten mengenai cara-cara mudah untuk beternak kambing dan sapi. Hal termudah yang dilakukan adalah dengan sistem penggemukan yang tentu saja tidak memakan banyak waktu dan tenaga dalam prosesnya.

leathersustainability.com

Untuk meminimalisir modal, biasanya ada sistem kerja sama yang digunakan adalah bagi hasil atau pun si pemodal membayar biaya untuk bibit dan beban pemeliharaan sehingga tidak menyita banyak tenaga dan pikiran.

Setelah waktu panen tiba, si pemodal tinggal menjual kambing sesuai harga yang diinginkan yang tentu saja tidak jauh berbeda dengan harga pasar tapi yang jelas tetap menguntungkan. Akan tetapi hal ini tentunya akan didukung dengan adanya sistem ternak berbasis online yang akan muncul di Indonesia. Selain mempermudah pengawasan, si pemodal hanya tinggal menunggu waktu panen dan keuntungan bisa diambil secara langsung.

Jika Anda seorang PNS atau siapapun yang ingin memiliki usaha sampingan, Anda bisa mendapatkan e-book gratis dengan cara klik link disini.


Rekomendasi

Leave a Comment